Senin, 17 Mei 2021 23:41

Survei Nusapolitica, Petahana Putik Unggul Tipis Atas Ikbar

Selasa, 01 Desember 2020 10:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Survei Nusapolitica, Petahana Putik Unggul Tipis Atas Ikbar
Hasil survei Nusapolitica tanggal 21 hingga 28 November 2020, survei melibatkan 600 responden tersebar pada seluruh 18 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. (foto: ist)

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dua dari tiga kontestan bakal bertarung sengit dalam Pilkada Kabupaten Mojokerto 9 Desember 2020 mendatang. Suara Paslon Petahana Nomor Urut 3 Pungkasiadi-Titik Masudah (Putik) dibayangi ketat oleh Paslon Nomor 1 Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarra (Ikbar).

Keduanya, harus bersaing ekstra ketat berebut suara sebanyak 28,5% responden yang tidak memberikan jawaban pada simulasi pencoblosan surat suara specimen yang dilakukan Lembaga Survei Nusapolitica.

Lembaga Nusapolitica melakukan survei pada tanggal 21-28 November 2020 melibatkan 600 responden tersebar pada seluruh 18 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan untuk menarik responden adalah multistage random sampling, dengan margin of error (MoE) sekitar 4,1% dan confidence (tingkat kepercayaan) 95%.

Direktur Eksekutif Nusapolitica Teguh Atmodjo menjelaskan bahwa pada survei ini dilakukan melalui proses simulasi surat suara (specimen), di mana responden diminta untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara.

BACA JUGA : 

ARCI Umumkan Tiga Tokoh Penguat Pendidikan Jawa Timur

PD Kurang Diminati Milenial di Jatim, Pengamat: Emil Jarang Banget Pakai Jaket Demokrat

Hasil Survei SSC: PDIP Parpol Paling Nasionalis, PKB Paling Religius

Millennials Puas dengan Kinerja Gubernur dan Wagub Jatim

"Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap ketiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto 2020," ujar Teguh Atmodjo, Selasa (1/12/2020).

Berdasarkan hasil simulasi dalam survei Pilkada Kabupaten Mojokerto ini, ditemukan bahwa Pasangan Pungkasiadi-Titik Masudah meraih nilai elektoral 30,8%, Pasangan Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarra mendapat nilai elektoral sebesar 29,2%, dan Pasangan Yoko Priyono-Choirun Nisa meraih 11,5%, serta 28,5% responden tidak memberikan jawaban pada simulasi pencoblosan surat suara specimen yang dilakukan.

Nusapolitica tidak hanya melakukan simulasi pencoblosan surat suara, melainkan ada juga pertanyaan yang langsung ditanyakan kepada responden. Secara terbuka, hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi surat suara, di mana Pasangan Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarra memperoleh elektabilitas sebesar 17,4%, Pasangan Yoko Prioyono-Choirun Nisa 5%, dan Pasangan Pungkasiadi-Titik Masudah 20,4%.

Hal ini sesuai dengan preferensi masyarakat yang sudah memiliki pilihan politik pada hari ini, di mana sebesar 44,6% masyarakat menyatakan sudah memiliki pilihan calon pada Pilkada Kabupaten Mojokerto yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. (yep/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...