Senin, 19 April 2021 16:54

Kapolresta Banyuwangi Lakukan Aksi Presisi Peduli Korban Bencana Alam Angin Puting Beliung

Sabtu, 06 Februari 2021 09:56 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: ​Teguh Prayitno
Kapolresta Banyuwangi Lakukan Aksi Presisi Peduli Korban Bencana Alam Angin Puting Beliung
Polresta Banyuwangi saat menyalurkan bantuan peduli bencana.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com – Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melakukan aksi presisi peduli bencana kepada korban bencana alam angin puting beliung, di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jumat (5/2/2021) malam.

Angin puting beliung yang telah memporak porandakan sebagian rumah warga yang terdampak, sekitar pukul 16.00 WIB sore, menyisakan keprihatinan sendiri. Kapolresta beserta jajarannya memberikan bantuan berupa sembako sebagai upaya tanggap bencana kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

“Kegiatan ini sekaligus bentuk implementasi Presisi Kapolri dalam bentuk responsibilitas dalam memberikan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat yang terdampak bencana alam,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Jumat (5/2/2021)

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengecekan dan pemetaan kerugian materiil dan peningkatan sistem pengamanan untuk terkendalinya harkamtibmas di wilayah yang terdampak .

BACA JUGA : 

Sukses Bekuk Oknum Saat Pesta Narkoba, Tim Tipidsus Polresta Banyuwangi Dapat Penghargaan

Bos Baby Lobster di Banyuwangi Diringkus Saat Pesta Narkoba, Libatkan Oknum Kades dan Polisi

Nikmatnya Menyantap Pepesan Sidat di Oling River Food Festival

Investasi Bodong di Banyuwangi, Polisi Periksa Terlapor Wanita Cantik

“Besok pagi kami akan kerahkan personel polri untuk membantu pemulihan pasca bencana dengan kegiatan pengamanan dan kerja bakti bersama. Hal ini sebagai langkah antisipatif menciptakan kondisi yang tekendali,aman dan nyaman dilingkungan yang terdampak bencana,” pungkasnya.

Angin puting beliung merobohkan fasilitas umum dan rumah-rumah warga di Dusun Krajan Desa Sraten Kecamatan Cluring. Selain merobohkan sejumlah bangunan, dua pedagang pasar terseret angin hingga mendapat perawatan.

“Waktu kejadian saya melayani pembeli pakan burung, tiba-tiba saja angin besar datang dari arah barat menuju ke timur. Kemudian saya keluar untuk menghindari atap bedak warung, kemudian terseret angin itu sejauh 50 meter hingga saya tak sadarkan diri dan dimuat mobil ambulans,” jelas Agus, warga Desa Kebaman Kecamatan Srono, saat dikonfirmasi di Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Benculuk.

Menurut pemilik bedak pakan ternak di Pasar Sraten tersebut, angin itu datang dari arah barat menuju ke timur sekitar Pukul 16.15 WIB. Akibat dari kejadian itu, bedak tokonya rusak berat, dagangannya berserakan dan burung di bedaknya banyak yang mati.

“Dari peristiwa itu saya mengalami luka ringan di bagian tubuh,” paparnya.

Erpan (52) pedagang buah di pasar Sraten juga turut terseret angin. Saat kejadian, dia sedang menutup dagangannya dan saat itulah angin datang dan menyeretnya hingga ke perempatan jalan pasar setempat.

“Saat terseret angin saya tak sadarkan diri. Sebelumnya angin ‘mulek‘ dan menerpa saya hingga ke lampu perempatan jalan. Saya diangkut ambulan dan di rawat di puskesmas. Saya juga mengalami luka ringan,” jelas Erpan.

H. Rahman Mulyadi Kepala Desa (Kades) Sraten menerangkan, kejadian itu mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga di 8 RT Dusun Krajan kususnya di barat jalan dan timur jalan. Selain itu puting beliung juga merusak fasilitas umum seperti bedak pasar, mushala dan gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah.

“Saat ini kami masih melakukan pendataan. Tingkat kerusakan sedang hingga berat,” jelas Kadea Sraten saat di lokasi kejadian. (guh/ns)

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...