Sabtu, 10 April 2021 21:46

​Lantik 6 Bupati dan Wabup Sesi Pertama, Khofifah Minta Jaga Lumbung Pangan Jatim

Jumat, 26 Februari 2021 11:19 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
​Lantik 6 Bupati dan Wabup Sesi Pertama, Khofifah Minta Jaga Lumbung Pangan Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, melantik enam bupati dan wakil bupati di Jawa Timur pada sesi pertama. Pelantikan ini di laksanakan di Gedung Negara Grahadi, Jumat, (26/2).

Keenam Bupati dan Wakil Bupati Terpilih yang dilantik yaitu;

1. Mochamad Nur Arifin dan Syah Muhamad Nata Negara sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tenggalek;

2. H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. dan Hj. Lisdyarita, S.H. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo;

BACA JUGA : 

Terima Lencana Kehormatan Asthabrata, Khofifah Tawari IKAPTK Kembangkan Sentra Durian dan Ikan

Eri Cahyadi Raih Penghargaan Pembina K3 Tingkat Jatim 2020

Said Aqil Sebut Cak Imin Capres 2024, Bendum IKA PMII: Kader Terbaik PMII Ada Khofifah, Kiai Marzuki

Kunjungi Gapoktan Mulyo Asri, Gubernur Khofifah Apresiasi Petani Ngawi

2. H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. dan Hj. Lisdyarita, S.H. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo;

3. Drs. Karna Suswandi, M.M. dan Hj. Khoironi, S.Pd., M.H. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Situbondo;

4. Achmad Fauzi., S.H., M.H. dan Hj. Dewi Khalifah, S.H., M.H., M.Pd.I sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep;

5. Ony Anwar Harsono, S.T., M.H. dan Dwi Rianto Jatmiko, M.H., M.Si. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ngawi;

6. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan H. Sugirah, S.Pd., M.Si. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan, agar keenam Bupati Wakil Bupati yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya, untuk bekerja cepat dan detail.

"Hari ini masih pada posisi PPKM Mikro, artinya, para bupati, wakil bupati, yang diharapkan kecepatan kerjanya, bisa dilakukan dengan baik. Tetapi masih ada hal yang harus dihadapi, bahwa Covid-19 di Jawa Timur sudah melandai, tapi belum berhenti penyebarannya," kata Khofifah, Jumat (26/2).

Terhadap 6 Kepala Daerah yang baru dilantik, Gubernur Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden RI Jokowi, yaitu melakukan reformasi sistem kesehatan nasional, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Salah satu yang menjadi ujung tombak dari peningkaran daya saing Indonesia adalah kualitas SDM," pesannya.

Khofifah menambahkan pesan juga kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang juga turut dilantik pada hari ini adalah, bahwa untuk meningkatkan daya saing dan kualitas SDM, yaitu dimulai dari penutunan stunting.

"Oleh karena itu, pesan pesan yang mendasar seperti ini, saya mohon bisa dibangun sinergitas diantara Bupati, Wakil Bupati dan DPRD," imbuhnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah mengungkapkan, bahwa 6 kabupaten yang kepala daerahnya dilantik pada sesi pertama ini, merupakan wilayah Lumbung Pangan di Jatim. Untuk itu, Ia minta bupati dan wakil bupati terpilih, mempertahankan Nilai Tukar Petani.

"Artinya, ini harus dijaga oleh para bupati dan wakil bupati, tolong yang memang menjadi lumbung pangan seperti Ngawi, tolong tetap dijaga," pintanya.

Khofifah menambahkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, nilai tukar petani di Jawa Timur menunjukkan tren positif dari seluruh Provinsi di Pulau Jawa. Dimana Provinsi lain mengalami kontraksi.

Pelantikan ini di bagi menjadi tiga sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09.00, sesi kedua dimulai pada pukul 13.00, sesi ketiga dimulai pukul 16.00. (dev/ns)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...