Rabu, 28 Juli 2021 21:14

Bank OCBC Jawab Masalah Finansial Kaum Muda

Senin, 15 Maret 2021 15:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Bank OCBC Jawab Masalah Finansial Kaum Muda
Talkshow yang digelar Bank OCBC secara virtual.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bank OCBC percaya semua orang ingin meningkatkan kualitas hidup, seperti finansialnya. Tapi tidak hanya sekadar finansial, perlu kondisi finansial yang fit tentunya. Sebab, beberapa anak muda mengalami permasalahan terhadap finansial mereka.

Karena itu, kali ini Direktur Bank OCBC, Ka Jit memaparkan Financial Fitness by NYALA OCBC NISP dalam Talkshow Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Melalui Financial Fitness ini, OCBC mengajak generasi muda mengubah mindset ‘ingin kaya’ (getting rich) menjadi getting fit. Caranya, dengan memberikan pengetahuan yang tepat tentang tujuan, proses, serta tahapan untuk mencapai getting fit.

"Karena menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur. Sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya, mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi, sampai dengan investasi," katanya, Senin (15/3).

BACA JUGA : 

Bantu Produk Tembus Pasar Internasional, Gubernur Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kota Kediri

Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kediri untuk Peningkatan Kualitas Ekspor Produk UMKM

Hambat Laju Ekonomi, ​Pengusaha Keluhkan Penutupan Akses di Sejumlah Daerah Selama PPKM Darurat

Terima Bantuan Uang Tunai Rp 150 Juta dari ​BPMD Jember, Bupati Hendy: Ini Adalah Wujud Sinergisitas

Kata Ka Jit, solusi Financial Fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan. Ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan mulai dari Nyala Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi, dan Ruang MeNYALA Financial Fitness GymGym dengan menggandeng Deddy Corbuzier.

“Kami menyadari, membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar, mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour), dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude),” ujarnya.

Selain permasalahan mindset tadi, lanjut Ka Jit, permasalahan kedua adalah minimnya pengetahuan terkait konsep dasar finansial. Akhirnya, banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat, misalnya investasi mengikuti tren tanpa punya pemahaman dasar, pemahaman kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi, atau investasi.

Faktor kebiasaan juga termasuk permasalahan yang dihadapi kaum muda dalam mengatur finansial. Kebisaaan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian, misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit.

"Bersama Financial Fitness Squad, saya mengajak generasi Indonesia sadar pentingnya menjadi financially fit. Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen, dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer,” kata Deddy.

“Saya berharap Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP ini bisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda, menjadikan mereka financially fit. Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial," pungkas Ka Jit. (diy)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...