Senin, 10 Mei 2021 03:29

Siapkan SDM Terampil, Disnakertrans Lamongan Gelar Sejumlah Pelatihan

Rabu, 24 Maret 2021 13:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Siapkan SDM Terampil, Disnakertrans Lamongan Gelar Sejumlah Pelatihan
Para peserta pelatihan saat praktik membuat kue.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lamongan terus menggelar sejumlah pelatihan sebagai upaya menyiapkan tenaga terampil dan ahli di bidangnya. Selain itu, juga untuk mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari mengatakan pelatihan ini sebagai salah satu upaya mempersiapkan SDM warga Lamongan untuk membuka usaha UMKM agar perekonomiannya bangkit di tengah pandemi Covid-19.

“Sedikitnya ada 8 jenis pelatihan yang disediakan dan terdapat 2 pelatihan, yakni berbasis kompetensi dan berbasis masyarakat,” Kata Hamdani Azhari, Rabu (24/3).

Pelatihan itu meliputi servis AC, servis mobil, pertukangan, tata rias, menjahit, servis motor, las listrik,  serta pembuatan sejumlah kue dan produk UMKM lainnya.

BACA JUGA : 

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Meninggal Dunia

Libur Lebaran, RSUD dr. Soegiri Lamongan Siagakan IGD 24 Jam

Polres Lamongan Ringkus 12 Pemuda Terlibat Aksi Kekerasan, di Antaranya Sempat Lawan Petugas

Masuki Hari ke-7 Ramadan, Pengunjung Pasar Baru Lamongan Mulai Meningkat

Hamdani mengklaim, para peserta yang selama ini mengikuti pelatihan tenaga kerja di BLK Lamongan banyak yang langsung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya. Baik di perusahaan atau membuka usaha sendiri.

"Kami di BLK tidak hanya memberikan pelatihan saja, tetapi juga menyalurkan ke perusahaan yang membutuhkan sesuai kompetensinya," ujarnya.

"Kita menyiapkan pelatihan kerja dan akan dipandu oleh instruktur yang mumpuni di bidangnya, sehingga dibutuhkan peserta yang serius dan tidak putus di tengah jalan, sehingga benar-benar terampil," pungkasnya.

Kholifah, salah satu peserta menyambut baik program Disnakertrans Lamongan untuk menggelar pelatihan bagi pemuda dan masyarakat umum sehingga memiliki keahlian di bidang masing-masing sesuai keahliannya.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Pemkab Lamongan dan Disnaker Lamongan yang memberikan kesempatan selama 18 hari untuk belajar membuat aneka kue dan kuliner. Semoga usai pelatihan usaha kuliner dan kue bisa lebih sukses," pungkas wanita berjilbab asal Mantup tersebut. (qom/rev)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...