Ning Ita Perangi TBC, Berikut Cara-cara yang Dilakukan Wali Kota

Ning Ita Perangi TBC, Berikut Cara-cara yang Dilakukan Wali Kota Walikota Mojokerto dalam acara peringatan Hari TBC Sedunia.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE. com - Hari TB Sedunia (HTBS) atau World TB Day yang diperingati tiap 24 Maret, Mojokerto Ika Puspitasari mengajak masyarakat untuk memerangi penyakit Tuberculosis (TBC) di wilayahnya. Hal ini disampaikan sapaan akrab Mojokerto, dalam rangkaian peringatan Hari TB Sedunia di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Rabu (24/03).

“Rangkaian kegiatan Hari TB Sedunia paling substantif adalah menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana TB itu. Sehingga penularan TB bisa kita cegah sejak dini,” terang wali kota.

Menurut , sesuai dengan tema Hari TB Sedunia di level global ‘The Clock is Ticking’, maka tema yang diambil dari Hari TBC se-Dunia adalah Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari TB.

“Yang perlu diketahui masyarakat, bagaimana TB ini untuk kita perangi, agar penularannya bisa kita kendalikan,” tegasnya.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, salah satu prioritasnya adalah pembangunan SDM berkualitas. Sektor yang harus terbangun adalah bidang kesehatan. Dalam RPJMN, diutamakan adalah pencegahan penyakit yang menimbulkan biaya tinggi, salah satunya TBC.

“Ini dasar bagi kita semuanya. Baik seluruh stakeholder, swasta, dan masyarakat, bersama-sama terlibat secara aktif, berpartisipasi dan bertanggungjawab secara langsung dalam rangka pencegahan penyakit TB,” tekannya.

Lebih jauh menyampaikan bahwa peringatan Hari TB Sedunia merupakan implementasi dari gerakan bersama menuju eliminasi TB 2030 di Jawa Barat sebagaiman arahan Presiden Jokowi.

"Percuma apabila masyarakat tidak sehat, karena ketidaksehatan masyarakat inilah yang bisa mempengaruhi aset-aset lain yang penting, seperti pendidikan, ekonomi maupun sosial," pungkas . (sof/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO