Pengangguran di Gresik 8,21%, Khofifah Berharap Pabrik Pangansari Bisa Serap Penduduk Asli

Pengangguran di Gresik 8,21%, Khofifah Berharap Pabrik Pangansari Bisa Serap Penduduk Asli Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meletakkan batu pertama pembangunan pabrik PT Pangansari di kawasan JIIPE di Gresik, Rabu (31/3/2021). Foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gresik mulai menggeliat. Sedikit demi sedikit investor masuk ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Salah satu industri di bidang makanan dan minuman skala besar, , melakukan grounbreaking pembangunan pabrik di kawasan , Rabu (31/3/2021).

Gubernur Jatim Indar Parawansa yang hadir langsung dalam peletakan batu pertama pabrik Pangansari ini berharap, berkembangnya industri di Kabupaten Gresik khususnya di , bisa memberikan penguatan ekonomi Jatim dan menyerap secara masif di Kabupaten Gresik dan Jawa Tinur pada umumnya.

"Saya yakin dan optimistis, peresmian Pabrik Pangansari ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi ketersediaan pangan di Jatim dan nasional, bahkan terus menembus pasar ekspor dengan menggandeng KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang ada di Jatim," ungkap Gubernur .

Menurut dia, untuk membangun perekonomian hingga menembus pasar ekspor, diperlukan sinergitas lebih kuat dengan KUMKM. Apalagi di Jatim, UMKM menyumbang 56,94% PDRB.

Dengan luas area pabrik sebesar 2.73 ha, Pabrik Pangansari di JIPPE Gresik Jatim ini merupakan pabrik ketiga setelah Pabrik Ciracas dan Purwokerto. Gubernur menyatakan, industri mamin ini diharapkan menembus pasar global dari Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO