Selasa, 20 April 2021 14:57

Kelola Dana Zakat dan Infak, Baznas Kota Batu Gandeng Takmir Masjid

Rabu, 07 April 2021 16:09 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Kelola Dana Zakat dan Infak, Baznas Kota Batu Gandeng Takmir Masjid
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batu bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Takmir Masjid se-Kota Batu menggelar rapat kerja (raker) di Hall Ciptaningati Kota Batu, Rabu (7/4/2021) pagi. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batu bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Takmir Masjid se-Kota Batu menggelar rapat kerja (raker) di Hall Ciptaningati Kota Batu, Rabu (7/4/2021) pagi.

Raker ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan berkoordinasi terkait pengumpulan dan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah di Kota Batu.

Ketua Baznas Kota Batu H. Ahmad Budiono mengatakan bahwa yang berhak mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah adalah badan yang memiliki izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melihat hal ini, Baznas Kota Batu memiliki terobosan untuk mewadahi takmir di setiap masjid di Kota Batu sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

"Kami ingin membuat terobosan. Pengumpul zakat di masjid tidak perlu legalitas dari OJK, tapi cukup mendapat SK sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang menjadi bagian dari Baznas Kota Batu. Sehingga memiliki legalitas sebagai pelaksana pengumpulan dan pengelolaan zakat di lingkungan masing-masing," kata Budiono.

BACA JUGA : 

Lima Orang Berebut Jabatan Direktur PT BWR

Stabilkan Harga Pangan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar

Polri Luncurkan Aplikasi Sinar, Kini Perpanjang SIM Bisa dari Rumah

Survei Lapangan Pascagempa, BMKG Kunjungi Kota Batu

Selain itu, UPZ di masing-masing masjid memiliki kewajiban untuk melaporkan dana yang terkumpul dan yang telah ditasarufkan kepada masyarakat setiap tahunnya. "Baznas akan meminta laporan setiap selesai hari raya. Berapa jumlah zakat fitrah, mal, dan sedekah yang telah dihimpun dan yang ditasarufkan berapa, nanti harus dilaporkan," imbuhnya.

Budiono menambahkan, dengan adanya laporan data riil dana yang terkumpul akan dapat membantu perencanaan program pembangunan yang ada di Kota Batu, salah satunya pengentasan kemiskinan.

Sementara itu, Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko yang turut hadir dalam raker tersebut mengatakan bahwa aktivitas pengumpulan dana zakat di Baznas adalah legal. Ketika koordinasi antara Baznas, takmir masjid, dan dinas-dinas terkait bisa dilakukan dengan baik, maka penyalurannya dapat dilakukan dengan optimal.

"Saya mengharapkan ada program yang berkesinambungan, dengan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas. Ketika masjid punya binaan warga miskin di tempatnya dengan dilakukan pendampingan bersama Baznas, keadaan ekonominya bisa kita angkat," kata Wali Kota Batu.

Harapannya, dengan adanya kolaborasi antara Baznas dan takmir masjid di Kota Batu, tidak ada lagi pengumpulan dana secara liar dan apa yang dizakatkan oleh masyarakat bisa dipertanggungjawabkan dan disalurkan dengan benar. (asa/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...