Kamis, 13 Mei 2021 12:12

Ramadhan di Lamongan, Sholat Tarawih Harus Ikuti Protokol Kesehatan, Jualan Takjil Boleh

Senin, 12 April 2021 14:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Ramadhan di Lamongan, Sholat Tarawih Harus Ikuti Protokol Kesehatan, Jualan Takjil Boleh
Bupati Yuhronur Efendi saat memimpin rapat forkopimda membahas persiapan pelaksanaan Ramadhan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan ibadah atau kegiatan keagamaan seperti sholat tarawih di bulan Ramadhan tahun ini harus mengikuti protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Yuhronur Efendi saat memimpin Rapat Forkopimda Persiapan memasuki Bulan Ramadhan, di Guest House, Senin (12/4) .

“Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor: SE.03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021. Sholat Fardu lima waktu, sholat tarawih dan witir, tadarus Al-Quran, dan itikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas masjid atau mushola dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak aman 1 meter antar jamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah atau mukena masing-masing. Ceramah atau kultum paling lama berdurasi 15 menit,” jelas Yuhronur.

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Dandim 0812 Letkol Infantri Sidik Wiyono dan Kapolres AKBP Miko Indrayana itu, Yuhronur berharap Kabupaten Lamongan dapat mempertahankan zona kuning, atau bahkan meningkat menjadi zona hijau selama menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Harus dipastikan bahwa fasilitas ibadah sudah siap menjalankan protokol kesehatan. Di depan masjid atau mushola harus disiapkan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, shaf sudah diatur sejak awal, dan memasukkan protokol kesehatan pada tema kultum,” ungkap Letkol Infantri Sidik Wiyono.

BACA JUGA : 

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Meninggal Dunia

Bupati Yuhronur Berharap Lomba Mampu Ciptakan Kebiasaan Siswa Berkompetisi dan Berprestasi

Libur Lebaran, RSUD dr. Soegiri Lamongan Siagakan IGD 24 Jam

Polres Lamongan Ringkus 12 Pemuda Terlibat Aksi Kekerasan, di Antaranya Sempat Lawan Petugas

Sementara Kapolres AKBP Miko Indrayana menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan 1.304 masjid se-Kabupaten Lamongan untuk melakukan kegiatan keagamaan dengan protokol kesehatan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan dewan masjid tingkat kecamatan, dan telah sepakat akan pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan protokol kesehatan. Imbauan juga diharapkan dapat disampaikan oleh tokoh-tokoh di kecamatan agar diteruskan sampai dengan masyarakat,” jelas AKBP Miko Indrayana.

Sedangkan terkait perekonomian di bulan ramadhan ini, Pemkab Lamongan tidak melarang masyarakat jualan takjil, namun harus tetap sesuai protokol kesehatan. Nantinya akan disiapkan pasukan gabungan Satpol PP, Polisi, dan TNI untuk menertibkan protokol kesehatan pada penjualan takjil yang diperbolehkan di atas trotoar. Termasuk mengantisipasi kerumunan masyarakat di pasar.

Rapat ini juga membahas stok dan harga bahan pokok, yang sampai dengan saat ini menurut Yuhronur relatif stabil.

“Maret ini inflasi Kabupaten Lamongan 0,18%, jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu sebesar 1,56%. Ini akan terus dijaga, dan jika terjadi kelonjakan harga akan segera dilakukan operasi pasar. Ketersediaan komoditas strategis sampai dengan Hari Raya Idul Fitri juga cukup aman seperti beras, jagung, bawang merah, dan bawang putih,” imbuhnya.

Bupati Yuhronur sangat berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga Kabupaten Lamongan, minimal tetap berada pada zona kuning, bahkan kalau bisa menjadi hijau.

Surat Edaran terkait pelarangan mudik juga akan segera disiapkan untuk menghentikan persebaran Covid-19 dan untuk menyukseskan program pemerintah pusat terkait vaksin Covid-19. (qom/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...