Sabtu, 15 Mei 2021 17:48

4.266 Peserta Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Universitas Trunojoyo Madura

Senin, 12 April 2021 14:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
4.266 Peserta Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Universitas Trunojoyo Madura
Rektor UTM Moh. Syarif bersama panitia UTBK UTM foto bersama setelah memantau peserta UTBK hari pertama di gedung laboratorium terpadu, Senin 12 April 2021.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4.266 peserta calon mahasiswa mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang dilaksanakan selama 14 hari mulai hari ini (12/4) hingga 30 April 2021 mendatang.

Moh. Syarif, Rektor UTM mengatakan, pelaksanaan UTBK di UTM menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Dari 4.266 peserta, mereka dibagi menjadi beberapa sesi dan disebar di 14 ruangan.

"Setiap ruangan berkapasitas 20 - 25 orang, dan setiap sesi ada 200 - 225 peserta. Sehingga setiap hari yang mengikuti UTBK sebanyak 400 - 450 peserta," jelas Syarif saat memantau UTBK di gedung laboratorium terpadu Universitas Tronojoyo Madura, Senin (12/4/2021).

BACA JUGA : 

Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

Apresiasi Prestasi Atlet, KONI Bangkalan Tanda Tangani MoU Dengan Tiga Perguruan Tinggi

Rektor UTM: Ramah Investor Jadi Daya Ungkit Utama Pemulihan Ekonomi dan Sosial

​Bupati Bangkalan Bersama Kadinkes Tinjau Vaksinasi Covid-19 di UTM

Ditanya terkait antisipasi adanya joki, Syarif mengaku tak menyiapkan persiapan khusus. "Karena sudah menyesuaikan dengan SOP yang ada, jadi saya kira sudah mengantisipasi adanya joki. Namun, jika nanti masih ditemukan (joki) akan kami tindak tegas sesuai komitmen yang berlaku," jelasnya.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Deny Setya Bagus Yuherawan menambahkan, ada kenaikan sebanyak 800 peserta jika dibandingkan dengan UTBK UTM tahun sebelumnya. Kenaikan ini cukup signifikan, di mana pendaftar sebelumnya sebanyak 3.489 peserta.

"Kalau untuk pendaftar UTBK di UTM ini paling banyak berasal dari Bangkalan, Pamekasan, dan Lamongan. Hampir 60 persen berasal dari luar Pulau Madura," jelasnya.

"Tapi untuk peserta yang belum terakomodir mengikuti UTBK, nanti bisa mengikuti pendaftaran di jalur mandiri yang akan kita buka satu minggu setelah pengumuman. Agar yang belum lolos bisa ikut mendaftar," pungkasnya. (uzi/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...