4.266 Peserta Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Universitas Trunojoyo Madura

4.266 Peserta Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Universitas Trunojoyo Madura Rektor UTM Moh. Syarif bersama panitia UTBK UTM foto bersama setelah memantau peserta UTBK hari pertama di gedung laboratorium terpadu, Senin 12 April 2021.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4.266 peserta calon mahasiswa mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Universitas Trunojoyo Madura () yang dilaksanakan selama 14 hari mulai hari ini (12/4) hingga 30 April 2021 mendatang.

Moh. Syarif, Rektor mengatakan, pelaksanaan UTBK di menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Dari 4.266 peserta, mereka dibagi menjadi beberapa sesi dan disebar di 14 ruangan.

"Setiap ruangan berkapasitas 20 - 25 orang, dan setiap sesi ada 200 - 225 peserta. Sehingga setiap hari yang mengikuti UTBK sebanyak 400 - 450 peserta," jelas Syarif saat memantau UTBK di gedung laboratorium terpadu Universitas Tronojoyo Madura, Senin (12/4/2021).

Ditanya terkait antisipasi adanya joki, Syarif mengaku tak menyiapkan persiapan khusus. "Karena sudah menyesuaikan dengan SOP yang ada, jadi saya kira sudah mengantisipasi adanya joki. Namun, jika nanti masih ditemukan (joki) akan kami tindak tegas sesuai komitmen yang berlaku," jelasnya.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Deny Setya Bagus Yuherawan menambahkan, ada kenaikan sebanyak 800 peserta jika dibandingkan dengan UTBK tahun sebelumnya. Kenaikan ini cukup signifikan, di mana pendaftar sebelumnya sebanyak 3.489 peserta.

"Kalau untuk pendaftar UTBK di ini paling banyak berasal dari Bangkalan, Pamekasan, dan Lamongan. Hampir 60 persen berasal dari luar Pulau Madura," jelasnya.

"Tapi untuk peserta yang belum terakomodir mengikuti UTBK, nanti bisa mengikuti pendaftaran di jalur mandiri yang akan kita buka satu minggu setelah pengumuman. Agar yang belum lolos bisa ikut mendaftar," pungkasnya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO