Mbak Wabup Dewi Hadiri Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik di Mojo

Mbak Wabup Dewi Hadiri Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik di Mojo Mbak Wabup Dewi Mariya Ulfa (tengah) saat ikut memilah bahan untuk membuat pupuk organik di acara pelatihan pembuatan pupuk cair organik bagi para petani di Desa Kedawung, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com menghadiri pelatihan pembuatan pupuk cair organik bagi para petani di Desa Kedawung, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Selasa (13/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, , demikian sapaan akrab Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Kediri itu, tampak ikut memilah-milah bahan yang akan digunakan untuk membuat pupuk cair organik.

mengatakan bahwa Pemkab Kediri akan mendorong para petani untuk menggunakan pupuk organik, bila akan menanam padi. Dengan menggunakan pupuk organik, maka biaya produksi bisa ditekan.

"Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita untuk diolah menjadi pupuk organik, maka dapat membantu petani mengurangi biaya produksi dan bisa mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia," kata didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Anang Widodo, Selasa (13/4/2021).

Menurut , beras organik hasil bertanam menggunakan pupuk organik ini sudah siap diekspor ke Amerika dan Eropa. Beras organik tersebut berasal dari petani di Kabupaten Kediri yang selama ini sudah menanam padi menggunakan pupuk organik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Anang Widodo menambahkan bahwa proses ekspor saat ini dalam tahap persiapan. "Kemarin sudah selesai (melakukan) audit literasional untuk sertifikasi Eropa dan Amerika," ujar Anang.

"Ekspor tidak boleh beras putih, tapi harus beras merah atau beras hitam. Beras putih diperbolehkan diekspor bila itu beras organik," sambungnya.

Menurut Anang, di Kabupaten Kediri saat ini ada 3 jenis padi organik yang dikembangkan, yakni jenis merah, hitam, dan putih. Dari ketiga jenis tersebut, padi atau beras putih masih menjadi favorit dari konsumen. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO