Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BI Kediri Siapkan Uang Baru Rp 2,76 Triliun

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BI Kediri Siapkan Uang Baru Rp 2,76 Triliun Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Sofwan Kurnia (kanan). foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Kediri menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebesar Rp 2,76 triliun. Angka ini mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan periode tahun lalu.

"Pengedaran ULE ini dimaksud, dilakukan perbankan maupun kegiatan kas keliling wholesale kepada perbankan," kata Kepala Perwakilan Kediri, Sofwan Kurnia saat menggelar Ngabuburit Bareng Media Perwakilan Kediri, Rabu (21/4/2021).

Penukaran ULE tersebut dilayani melalui perbankan di 83 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah kerja. Penukaran tersebut dapat dilakukan secara kolektif dengan mekanisme penarikan melalui tabungan yang didahului dengan konfirmasi melalui http://bit.ly/permohonanuang2021.

Menurut Sofwan, KPw juga melakukan percepatan dan perluasan penukaran UPK 75. Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran UPK 75 menggunakan 1 KTP untuk penukaran maksimal 100 lembar, dan dapat kembali menukarkan pada hari yang berbeda.

Selain pelayanan penukaran uang, masih kata Sofwan, KPw bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Kediri juga akan menggelar Operasi Pasar Murni (OPM) pada tanggal 27 - 30 April 2021 dan 3 - 4 Mei 2021 di berbagai titik di Kota Kediri.

"Komoditas yang disediakan dalam OPM ini antara lain beras, gula, telur, minyak yang dijual dengan harga di bawah harga pasar untuk membantu masyarakat kurang mampu," terang Sofwan.

Ke depan, seiring tren tingginya konsumsi masyarakat menjelang hari raya keagamaan, KPw juga mengimbau seluruh masyarakat untuk bijak dalam berbelanja agar tidak memicu kenaikan inflasi yang tinggi.

"Bagi para pedagang juga diimbau untuk tidak melakukan penimbunan maupun aksi mengambil untung yang terlalu tinggi. Kami harap inflasi ke depan dapat terjaga, sehingga masyarakat makin sejahtera," pungkasnya. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO