Halo Mas Bup Terbukti Efektif, Banyak Pengaduan Masuk dan Diselesaikan

Halo Mas Bup Terbukti Efektif, Banyak Pengaduan Masuk dan Diselesaikan Petugas Satpol PP Kabupaten Kediri saat mencopoti reklame yang dipaku di pohon, berkat laporan warga melaui aplikasi Halo Mas Bup. (foto: Kominfo).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tanggal 25 Maret 2021 lalu, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten ke-1217, Bupati Haninditho Himawan Pramana me-launching aplikasi "Halo Mas Bup". Aplikasi ini merupakan gebrakan Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati , untuk menampung aduan yang bisa diakses seluruh masyarakat dengan mengunduhnya di Playstore pada HP android yang dimiliki.

Prosedurnya, aduan yang masuk melalui aplikasi diverifikasi dan divalidasi untuk kemudian diteruskan kepada satker yang berwenang. SKPD akan menindaklanjuti laporan masyarakat dengan mengedepankan asas penyelesaian yang cepat, akurat, dan tuntas.

Per tanggal 22 April 2021, tercatat 385 aduan terverifikasi, dengan rincian 69 aduan ditinjau satker, 41 aduan dalam proses eksekusi, dan 275 aduan telah selesai ditindaklanjuti. Laporan yang disampaikan sebagian besar di antaranya mengenai kerusakan jalan, bansos, insentif guru, layanan administrasi kependudukan, dan layanan publik di desa.

Aplikasi ini terbukti efektif dalam merespons dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Salah satunya perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PUPR di Desa Badas Kecamatan Badas, di mana jangka waktu antara pelaporan dan pengerjaaan hanya berselang dua hari.

Kemudian pelepasan banner reklame yang ditancapkan di pohon-pohon di sekitar Desa Kunjang Kecamatan Ngancar. Pelepasan oleh Satpol PP ini dilakukan sehari setelah laporan disampaikan melalui aplikasi.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO