Minggu, 20 Juni 2021 19:58

Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah

Sabtu, 08 Mei 2021 00:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat Rapat Pembinaan Petugas Pemulasaran Jenazah (modin jenazah).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial setempat menggelar kegiatan Rapat Pembinaan Petugas Pemulasaran Jenazah (modin jenazah), Kamis (6/5).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Gradhika Kota Pasuruan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan modin jenazah se-Kota Pasuruan dalam memberikan pelayanan dan perawatan jenazah.

Acara ini dihadiri Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kepala Dinas Sosial beserta para Kepala Bidang, Camat, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Kiai Abdul Kholiq selaku narasumber, para modin, pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), serta pendamping se-Kota Pasuruan.

BACA JUGA : 

Tekan Penyebaran Covid-19, Wali Kota Pasuruan Imbau Seluruh Lurah Pantau Mobilitas Warga

Wujudkan Smart City dan Indonesia Digital Nation, Gus Ipul-Mas Adi Ikuti Pembekalan Kemenkominfo

Gelar Pembinaan, Disperindag Kota Pasuruan Ajak PKL Dukung Visi-Misi Kota Madinah

Pemkot Pasuruan Hentikan Pembangunan Tower, Gudang, dan Perumahan Tak Berizin

Dalam sambutannya, Gus Ipul meminta para pemuda turut dilibatkan sebagai petugas pemulasaran jenazah. Mengingat, selama ini petugas pemulasaran jenazah didominasi oleh kelompok lanjut usia.

Untuk langkah awal, pemuda bisa menjadi pendamping modin terlebih dahulu, dibimbing dan diberi pelatihan untuk melakukan pemulasaran jenazah.

Ia menyadari, sebagian pemuda merasa takut untuk melakukan pemulasaran jenazah. Karena itu, harus ada perubahan persepsi terhadap pemulasaran jenazah dari yang awalnya pekerjaan menyeramkan, menjadi sebuah pekerjaan yang mulia.

"Memandikan jenazah itu sungguh sangat mulia sekali, kalau tidak ada yang melakukan, dosa semua karena ini kewajiban. Tetapi karena adanya modin pemulasaran jenazah, maka yang lain kewajibannya menjadi gugur," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga meminta agar stigma makam diubah, dari yang awalnya dipandang sebagai tempat menyeramkan menjadi tempat yang tampak indah dan bersih.

"Saya minta pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) untuk membuat makam yang bagus dan baik untuk menjadi tempat yang mampu mengingatkan bahwa kita akan kembali kepada Allah seperti saudara-saudara yang mendahului," pungkas Gus Ipul. (ard/rev)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...