Kamis, 17 Juni 2021 01:08

Perluas Layanan Pelanggan, Perumda Giri Tirta Gresik Percepat Serapan Air Umbulan

Minggu, 09 Mei 2021 13:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Perluas Layanan Pelanggan, Perumda Giri Tirta Gresik Percepat Serapan Air Umbulan
Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Perusahaan Daerah (Perumda) Giri Tirta Gresik mempercepat sarapan jatah air dari sumber mata air Umbulan, Kabupaten Pasuruan untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Dari kerja sama dengan PT Air Bersih (AB) Pemprov Jatim, Perumda Giri Tirta Gresik mendapatkan jatah 1.000 liter per detik. Sampai tahun ini, Perumda Giri Tirta sudah mampu menyerap sebanyak 450 liter per detik.

"Alhamdulillah Perumda Giri Tirta bisa melebihi target penyerapan jatah air Umbulan. Dari target tahun 2021 sebesar 300 liter per detik, namun tahun ini kami sudah mampu menyerap 450 liter per detik," ucap Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah kepada BANGSAONLINE.com.

Kata Riza, begitu sapaan akrabnya, peningkatan serapan air dari 300 ke 450 liter detik itu melalui sejumlah pertimbangan. Antara lain, bahwa infrastruktur yang ada mampu mendistribusikan air sebanyak itu ke pelanggan.

BACA JUGA : 

Jadi Penyintas Covid-19, Bupati Gus Yani Lakukan Donor Plasma Konvalesen

TMMD ke-111 Gresik, Wujudkan Infrastruktur untuk Pemerataan Pembangunan​

Tunggu Pengukuran Lahan dari BPN, Progres Penanganan Kali Lamong Masuki Tahap Awal Pembebasan Lahan

Songsong Pilpres 2024, Golkar Jatim: Airlangga Berpotensi Besar Menang jika Maju Capres

"Sudah berjalan satu bulan kami lakukan serapan air Umbulan 450 liter per detik," terang Riza.

Sebelumnya dengan serapan 300 liter per detik, air itu untuk melayani kebutuhan 30 ribu pelanggan di wilayah perkotaan. Dengan bertambahnya serapan air Umbulan menjadi 450 liter per detik, cakupan pelanggan yang terlayani makin luas.

"Alhamdulillah, akhir-akhir ini sudah jarang, bahkan hampir tak ada pengaduan," ungkapnya.

Riza melanjutkan, saat ini manajemen Perumda Giri Tirta juga terus melakukan perbaikan infrastruktur perpipaan di wilayah kota Gresik. Pipa yang rusak seperti keropos, bocor, secara bertahap diperbaiki.

Ia menargetkan serapan air Umbulan 1.000 liter per detik sudah bisa dilakukan pada tahun 2026, setelah semua jaringan perpipaan diperbaiki. "Dengan begitu diharapkan cakupan pelanggan makin luas," katanya.

Pada kesempatan ini, Riza juga mengungkapkan bahwa Perumda Giri Tirta akan melebarkan sayap usahanya dengan melakukan bisnis penjualan air kemasan dan air tangkian isi ulang dengan harga bersaing.

"Tentunya, kualitas air yang kami jual tak kalah dengan air kemasan yang dijual sejumlah perusahaan selama ini, termasuk air isi ulang tangkian," katanya.

Selain itu, Perumda Giri Tirta juga akan bergerak dalam core business pengelolaan limbah. "Semua itu demi kemajuan perusahaan dan Kabupaten Gresik," pungkas Riza. (hud/zar)

Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable
Rabu, 16 Juni 2021 22:55 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Bagi warga Nganjuk yang bingung memilih tempat wisata untuk refreshing di akhir pekan, bisa mencoba mengunjungi Wisata Lembah Djati. Wisata yang berlokasi di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret ini, menawarkan keindahan kebu...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...