Warga Tak Kesulitan Air saat Kemarau, Pemdes Wadak Kidul Apresiasi Langkah Perumda Giri Tirta

Warga Tak Kesulitan Air saat Kemarau, Pemdes Wadak Kidul Apresiasi Langkah Perumda Giri Tirta Kepala Desa Wadak Kidul Muhammad Hamam (dua dari kanan) saat mendampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengecek aliran air PDAM sebelum cuti kampanye Pilkada 2024. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Wadak Kidul, Kecamatan Duduksampeyan, mengapresiasi masuknya instalasi PDAM ke wilayahnya. Sebab, warga tak lagi kesulitan air bersih saat musim kemarau seperti saat ini.

Masyarakat di Desa Wadak Kidul sudah bertahun-tahun mengharapkan instalasi air dari PDAM bisa menjangakau wilayah mereka yang jaraknya cukup jauh dari perkotaan. Kades Wadak Kidul, Muhammad Hamam, mengungkapkan rasa syukurnya terkait hal tersebut.

Baca Juga: Plt Bupati dan Ketua DPRD Gresik Hadiri Pesta Siaga Kwartir Cabang Pramuka

"Alhamdulillah, instalasi air PDAM sudah masuk ke Desa Wadak Kidul. Air sudah mengalir, sehingga warga kami tak kesulitan air bersih terlebih saat musim kemarau seperti sekarang," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (24/10/2024).

Ia mengatakan bahwa di Desa Wadak Kidul, terdapat 645 kepala keluarga (KK) yang telah mendapatkan sambungan instalasi air bersih. Sebelumnya, mereka memanfaatkan telaga dan sumur untuk kebutuhan sehari-hari, yang mana kondisi kedua sumber mata air itu mengering saat kemarau.

"Sebetulnya kalau kemarau air sumur warga masih nyumber (keluar air), namun tidak layak konsumsi karena rasanya asin dan pahit," tuturnya.

Baca Juga: Target PAD APBD 2024 Rawan Meleset, Pimpinan DPRD Gresik Siapkan Solusi untuk Tekan Defisit

Setelah instalasi dari PDAM masuk dan air mengalir, warga menjadi nyaman karena kebutuhan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, masak, dan lainnya tercukupi.

"Mewakili warga Wadak Kidul tentu saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Gresik, dan yang telah merespon dan mewujudkan harapan warga untuk mendapatkan aliran air bersih," kata Hamam.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik, Ida Lailtus Sa'diyah, menyebut pembangunan pipa jaringan dan sambungan rumah di Desa Wadak Kidul, Kecamatan Duduksampeyan, dilakukan secara gratis.

Baca Juga: Berantas Rokok Ilegal, Satpol PP Gresik Gandeng Bea Cukai, Polres, dan Kodim Gelar Sosialisasi Cukai

Pembangunan instalasi air (pipa) di sana menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gresik atau Gresik.

"Ada delapan desa dengan sekitar 5 ribu lebih sambungan rumah (SR) yang sudah terpasang instalasi dengan distribusi air Umbulan Pasuruan. Semua instalasi gratis dalam program ini," ucap Ida saat dikonfirmasi.

Pada DAK Tahun Anggaran (TA) 2023, ia menjelaskan ada 8 desa di Kecamatan Duduksampeyan yang mendapatkan sambungan instalasi PDAM dan SR. Adapun daerah dimaksud yakni, Desa Duduk, Wadak Kidul, Wadak Lor, Sumari, Sumengko, Petisbenem, Kemudi, dan Kawisto Windu.

Baca Juga: Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi di Jawa Timur

Sedangkan untuk DAK Tahun 2024, lanjut Ida, ada 2 desa yang mendapatkan sambungan instalasi dari PDAM, yakni Desa Setrohadi dan Kramat.

"Kami sudah lakukan trial (uji coba). Air sudah ngalir. Bagus airnya. Insya Allah sebelum akhir tahun 2024 sudah mengalir lancar," sebutnya.

Selain itu, kata Ida, pada tahun ini turut dibangun reservoir (penampungan air) di utara perempatan Duduksampeyan.

Baca Juga: BKPSDM Gresik Gelar Uji Kompetensi ASN dan Luncurkan Program Gapura

"Kapasitas reservoir di Duduk dapat menampung air 1000 meter kubik," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO