Rabu, 04 Agustus 2021 21:39

Heboh Telur Palsu di Kediri, Emak-emak Si Pembuat Video Akhirnya Minta Maaf

Selasa, 18 Mei 2021 15:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Heboh Telur Palsu di Kediri, Emak-emak Si Pembuat Video Akhirnya Minta Maaf
Kasatreskrim Polres Kediri Kota Iptu Girindra Wardana (dua dari kiri) dan Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Ni Ketut, saat menunjukkan telur ayam asli yang sempat disebut palsu hingga bikin heboh. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Heboh dugaan adanya telur palsu di Kediri, akhirnya menemukan titik terang. Hasil uji laboratorium menyatakan bahwa telur itu asli, telur ayam. Ibu rumah tangga yang membuat video hingga viral di medsos, akhirnya juga minta maaf.

Satreskrim Polres Kediri Kota sudah melakukan penyelidikan adanya dugaan telur palsu itu, dengan memeriksa beberapa orang guna dimintai keterangan. Polisi juga telah berkoordinasi dengan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri dengan membawa telur-telur ayam ras yang diduga palsu tersebut ke laboratorium.

"Hasil koordinasi dengan dinas terkait dan uji laboratorium, diketahui bahwa telur yang sudah diuji dengan pemeriksaan arganoleptik, bahwa telur yang dimaksud merupakan telur ayam asli," kata Kasatreskrim Polres Kediri Kota, Iptu Girindra Wardana saat menggelar jumpa pers di mapolres setempat, Selasa (18/5).

Dengan keluarnya hasil uji laboratorium ini, AKP Girindra mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dan bijak terhadap simpang-siurnya informasi di medsos yang belum tentu kebenarannya.

BACA JUGA : 

Akademisi Kebidanan Kota Kediri Sebut Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil

Dibantu Mahasiswa KKN, GP Ansor Kabupaten Kediri Racik Jamu Penambah Imun

Sinergi dengan GMNI, Polres Kediri Kota Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak

Kapolres Kediri Kota Cek Pelaksanaan Vaksinasi Merah Putih Tahap II

"Dari keterangan ibu yang membeli telur, setelah membeli telur, yang bersangkutan lalu menaruh telur itu di dalam kulkas. Mungkin karena terlalu lama di dalam kulkas, telur itu lalu membeku," tutup AKP Girindra didampingi Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Ni Ketut Suarningsih.

Permintaan maaf juga disampaikan oleh Linda Agustini dan adiknya Anik Mulyaningarti, warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri yang membuat video dugaan telur palsu yang akhirnya viral di medsos itu.

Adapun permintaan maaf Linda Agustini dan Anik Mulyaningarti, si emak-emak yang membuat video tentang telur palsu, disampaikan melalui video dan disebarluaskan ke masyarakat. Video berdurasi 1 menit 17 detik itu menayangkan permintaan maaf mereka atas beredarnya video sebelumnya yang menyebut telur palsu.

“Kami berdua mau minta maaf. Mohon maaf berkaitan dengan beredarnya video tentang telur atau mungkin adik bilang palsu itu, karena kami orang awam dan sempat panik, telurnya berbentuk seperti itu. Mungkin ada ucap atau kalimat yang salah tentang ngomong kalimat telur palsu. Ternyata setelah kami konfirmasi dengan dengan dinas terkait, Alhamdulillah kalau itu ternyata asli dari ayam yang karena mungkin dimasukkan di kulkas dengan suhu yang tinggi (rendah),” kata Linda.

Dengan permintaan maaf ini, baik Linda maupun Anik berharap tak terjadi lagi kehebohan terkait telur palsu di Kota Kediri.

Sebelumnya, Anik Mulyaningarti mengatakan jika telur yang diduga palsu itu dibeli dari pedagang grosir langganannya sebanyak 1 kilogram dan disimpan di dalam lemari es (kulkas). Pada saat akan dimasak, kondisi telur yang sudah berada di dalam kulkas selama 6 hari itu tidak seperti biasanya. Karena khawatir, dia memeriksa telur lainnya dan menemukan dalam kondisi membeku. (uji/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...