Kamis, 29 Juli 2021 16:37

DPRD Sumenep Gelar Penyampaian Laporan Hasil Reses III

Selasa, 01 Juni 2021 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
DPRD Sumenep Gelar Penyampaian Laporan Hasil Reses III
Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sumenep laporkan hasil reses III.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Sumenep menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses Masa Sidang Ketiga Tahun 2021. Laporan Hasil Reses III itu disampaikan oleh masing-masing perwakilan fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Sumenep, Senin (31/05/2021) kemarin.

Dalan sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep H. Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan apresiasi dan selamat atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sumenep Tahun Anggaran 2020.

Hal itu menurutnya merupakan pencapaian luar biasa dari Pemkab Sumenep yang telah 4 kali secara berturut-turut memperoleh WTP. “Diharapkan tren positif ini dapat dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang,” ungkapnya singkat.

Dikatakannya, pelaksanaan reses bagi DPRD secara kelembagaan berkorelasi penting terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dalam bidang pembentukan peraturan daerah (perda), pelaksanaan fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

BACA JUGA : 

Optimalkan Pengumpulan ZIS ASN, Baznas Sumenep Gelar Rakor Bersama Bupati dan OPD

Bupati Sumenep Pertajam Program Pembangunan di Musrenbang RPJMD 2021-2026

Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemkab Sumenep Gelar Vaksinasi Massal bagi Guru dan Lansia

Sembilan Guru Ngaji di Dasuk Barat Sumenep Terima Insentif

Selain itu, pelaksanaan reses bagi anggota DPRD secara personal pada dasarnya merupakan upaya untuk mengimplementasikan tanggung jawab moral dan kewajiban konstitusional tiap anggota DPRD, terhadap konstituen di daerah pemilihannya masing-masing.

“Dan merujuk pada Pasal 161 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah telah mempertegas kewajiban yang melekat pada setiap anggota DPRD, untuk melaksanakan kunjungan kerja secara berkala dalam rangka menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat,” bebernya.

“Kewajiban anggota DPRD untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut masih memerlukan dukungan regulasi yang mengatur implikasi anggaran yang timbul sebagai konsekuensi dari kegiatan reses,” terangnya.

Sesuai ketentuan, bahwa dalam penyusunan rancangan awal RKPD, DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat.

Adapun acara pokok penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses III dilakukan oleh fraksi-fraksi melalui juru bicaranya masing-masing. Untuk kesempatan pertama, dari Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara, H. Zainal, kemudian Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dengan juru bicara Suharinomo, ketiga Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan juru bicara Achmad Naufil.

Selanjutnya, keempat Fraksi Partai Demokrat dengan juru bicara Hj. Nur Aini, kelima Fraksi Partai Gerindra dengan juru bicara Kholiq, keenam Fraksi Partai Nasdem, Hanura, dan Partai Sejahtera dengan juru bicara H. Muta’em, dan ketujuh Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan juru bicara H. Latib. 

Rapat paripurna tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifa, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pimpinan DPRD, pimpinan fraksi, pimpinan alat kelengkapan DPRD, beserta segenap anggota DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, para asisten sekda, kepala OPD, camat, pimpinan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan pers. (aln/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...