Musim Kemarau, Petani Hidroponik di Kota Kediri Waspada Hama Penggorok dan Kutu Daun

Musim Kemarau, Petani Hidroponik di Kota Kediri Waspada Hama Penggorok dan Kutu Daun Petani hidroponik yang terdiri dari tiga ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Ngronggo. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memasuki musim kemarau, petani di Kota Kediri mulai mewaspadai keberadaan hama penggorok daun (leaf miner) dan kutu daun (aphids) pada tanaman mereka.

Petani di Green House Hidroponik Bersinar, Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, misalnya. Petani yang terdiri dari tiga ibu-ibu rumah tangga ini mengaku sudah mendapati hama penggorok daun di tanaman selada yang mereka tanam.

“Penggorok daun ini kalau dibiarkan bisa merembet ke daun-daun yang lain,” ujar Nunung Nofiah, petani sambil menunjukkan daun yang terkena hama penggorok daun, Rabu (9/6/2021).

Nunung mengatakan bahwa dia bersama kedua rekannya terus menghimpun informasi tentang hama dan penyakit yang menyerang tanaman dari berbagai sumber. “Kami terus cari informasi bagaimana cara mengatasinya, seperti menyortir daun-daun yang terkena hama, hingga melakukan penyemprotan dengan cairan pestisida khusus untuk sayuran,” terang Nunung.

Winarsih, petani yang juga turut mengelola di Kelurahan Ngronggo ini mengaku bahwa dirinya pernah mengalami gagal panen karena hama kutu daun. Kemudian ia melakukan sterilisasi lokasi green house, sebelum kemudian dilakukan penanaman kembali.

“Kami sterilkan total, dengan tujuan untuk menghilangkan kutu daun secara menyeluruh, sehingga nanti ketika ditanam kembali tidak timbul masalah serupa,” ujar Winarsih.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO