Dekatkan Sasaran, Vaksinasi Lansia Burengan Kota Kediri Digelar di Kelurahan

Dekatkan Sasaran, Vaksinasi Lansia Burengan Kota Kediri Digelar di Kelurahan Petugas mengecek suhu tubuh lansia yang akan ikut vaksinasi di Kelurahan Burengan. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi tahap I untuk warga pralansia, lansia, dan pendamping lansia di Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri mulai dilaksanakan di Aula Kelurahan Burengan, Selasa (22/6/2021).

Vaksinasi dilaksanakan dua hari yakni pada 22 dan 24 Juni 2021 dengan 2 sesi yaitu pukul 08.00-10.00 WIB lalu dilanjutkan pukul 10.00-12.00 WIB. Tiap sesi dibagi untuk 3 RW dari total 12 RW di Kelurahan Burengan. Ditargetkan vaksinasi mencapai 400 orang per hari.

Adi Sutrisno, Lurah Burengan menyampaikan, kelompok rentan di Kelurahan Burengan mencapai ratusan. "Kemarin kami optimalkan pendataan melalui kader posyandu lansia, ada kurang lebih 450 lansia yang tercatat," ujarnya.

Jumlah pendataan tersebut, lanjut Adi, belum termasuk dengan pendamping yang juga mendapat jatah vaksin. Untuk itu, pihak Kelurahan Burengan bekerja sama dengan Puskesmas Pesantren 2 mengadakan vaksinasi di Kelurahan Burengan.

Dwi Nugerahini, Kepala Puskesmas Pesantren 2 menyebut pihaknya membuka layanan vaksinasi di Kelurahan Burengan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dan mendekatkan mobilitas sasaran vaksinasi, serta menghindari kerumunan antrean di Puskesmas Pesantren 2. Dikarenakan lebih dari 150 orang yang mendaftar.

"Dalam kegiatan vaksinasi di Kelurahan Burengan ini, kami menerjunkan 15 personel yang bertugas. Selain Kelurahan Burengan, vaksinasi juga akan diadakan di Kelurahan Tinalan pada Sabtu (26/6/2021) mendatang," ujar Dwi.

Sementara itu, Widiantoro, Camat Pesantren mengatakan, pihaknya selalu mengadakan lokakarya mini yang dihadiri stakeholder, forkompimcam, dan kelurahan. "Kegiatan ini sebagaimana arahan Wali Kota Kediri untuk mendorong percepatan vaksinasi," jelasnya.

Menurut Widi, percepatan vaksinasi lansia terus dilakukan Pemkot Kediri hingga di taraf kecamatan dan kelurahan, sehingga langkah jemput bola vaksinasi lansia di kelurahan pun dilakukan.

Dilansir dari data Dinas Kesehatan Kota Kediri pada Senin (21/6/2021) kemarin, kasus konfirmasi Covid-19 di Kecamatan Pesantren tercatat yang terendah di Kota Kediri dengan 398 kasus. Meskipun begitu, Widi tetap menginstruksikan upaya-upaya penekanan angka kasus Covid-19 di Kecamatan Pesantren. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO