Jelang Pilbup, Golkar Gresik Jaring Bacabup-Bacawabup

Jelang Pilbup, Golkar Gresik Jaring Bacabup-Bacawabup Rapat konsolidasi Golkar Gresik jelang Pilbup Desember mendatang. foto: Syuhud/BangsaOnline.com

GRESIK (BangsaOnline) - Jelang digelarnya Pemilukada (pemilu kepala daerah) Kabupaten Gresik pada bulan Desember 2015 mendatang, DPD II Golkar sudah ancang-ancang melakukan persiapan matang. Kemarin (7/3), tim pemilukada DPD II Golkar diketuai Sekretaris DPD II Golkar, Ahmad Nurhamim mulai menggelar rapat. Rapat tersebut membahas tahapan-tahapan penjaringan bacabup (bakal calon bupati) dan bacawabup (bakal calon wakil bupati) yang akan diusung Golkar, di kantor DPD II Golkar, di jalan Panglima Sudirman, Gresik.

Rapat tersebut memutuskan, jadwal penjaringan bacabup-bacawabup hingga penetapan. Penjaringan dimulai dengan sosialisasi kepada masyarakat pada tanggal 9-15 Maret 2015. Kemudian, pada tanggal 15-21 dilakukan penjaringan bacabup-bacawabup secara internal, diteruskan pada tanggal 23-25 laporan hasil penjaringan bacabup-bacawabup ke DPD I Golkar Jawa Timur.

Setelah itu, pada tanggal 26-31 Maret 2015 mulai dibuka pendaftaran bacabup-bacawabup secara umum. Pendaftaran di kantor DPD II Golkar Kabupaten Gresik. Kemudian, dari hasil pendaftaran bacabup-bacawabup tersebut, pada tanggal 27 Maret-1 April 2015 dilakukan verifikasi masing-masing bacabup-bacwabup yang mendaftar. Dari bacabup-bacwabup yang mendaftar lalu diambil tiga besar sebagai bacabup-bacawabup DPD II Golkar Gresik.

Dari tiga besar bacabup-bacawabup yang diambil tersebut, kemudian diminta untuk melengkapi semua persyaratan terhitung mulai tanggal 2-4 April 2015. Kemudian tim melakukan koreksi perbaikan persyaratan bacabup-bacawabup pada tanggal 6-7 April 2015, dilanjutkan dengan rapat pleno penetapan bacabup-bacawabup DPD II Golkar Gresik oleh tim pemilukada.

"Baru setelah itu, bacabup-bacwabup DPD II Golkar Gresik kami kirim ke DPP Golkar untuk ditetapkan," kata Ahmad Nurhamim.

Dijadwalkan, lanjut Nurhamim DPP Golkar sudah menetapkan pasangan bacabup-bacawabup DPD II Golkar Gresik yang diberikan tiket untuk maju pada Pimilukada Gresik bulan Desember 2015, mendatang. Penetapan bacabup-bacawabup Golkar dijadawlkan paling lambat pada tanggal 3 Mei-Juni 2015.

"Kami sangat optimis tahapan-tahapan penjaringan hingga penetapan calon bisa terlalui dengan baik," jelas mantan Wakil Ketua DPRD Gresik periode 2009-2014 ini.

Menurut Nurhamim, pendaftaran bacabup-bacawabup DPD II Golkar Gresik terbuka untuk umum. Sehingga, semua masyarakat Gresik atau luar Gresik, terlebih kader Golkar berhak untuk mendaftarkan diri.

"Siapa saja yang berkeinginan maju menjadi bacabup atau bacawabup DPD II Golkar, kami persilahkan," pinta Nurhamim.

Khusus untuk penjaringan internal, tambah Nurhamim, bahwa DPD II Golkar Gresik akan lakukan mekanisme sesuai yang digariskan DPP Golkar. Dimana, akan menggunakan sistim button up ( dari bawah ke atas). Artinya, semua pengurus, kader dan konstituen Golkar Gresik mulai tingkat bawah seperti tingkat kelurahan/desa, tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten berhak memunculkan kader-kader terbaiknya untuk diusung menjadi bacabup-bacawabup Golkar Gresik. Kemudian, nama-nama yang diusulkan tersebut diverivikasi bersama pendaffar bacabup-bacawabup dari kalangan umum.

"Kami berharap bacabup-bacawabup yang diusung Golkar nanti yang terbaik dan dikehendaki mayoritas warga Golkar Gresik, dan masyarakat Gresik," terang Nurhamim.

Ditanya soal koalisi dengan partai lain untuk mengusung bacabup-bacawabup, Nurhamim menjelaskan bahwa meski Golkar secara aturan sudah bisa mandiri mengusung calon sendiri tanpa melakukan koalisi, karena Golkar Gresik memiliki lebih dari 20 persen kursi di DPRD Gresik (11 anggota DPRD), namun Golkar tetap dimungkinkan dan welcome untuk lakukan koalisi dengan partai lain. Bahkan saat ini, sudah ada partai besar akan gabung dengan Golkar.

"InsyaAllah PPP akan gabung dengan kita," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO