Berawal dari Hobi Suka Berkebun, Siswa SD Olah Jahe Merah Jadi Beragam Produk

Berawal dari Hobi Suka Berkebun, Siswa SD Olah Jahe Merah Jadi Beragam Produk Afrina Karimah Nur Aisyah saat membawa produk jahe merah di halaman rumah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - 'Alah bisa karena biasa' itulah ungkapan yang pas untuk Afrina Karimah Nur Aisyah (10), siswa kelas 5 SD Islam Al Azhar 11 Surabaya ini. Berawal dari kesukaannya berkebun membantu orang tua, dia pun ikut menanam jahe merah. Kemudian mengolah jahe merah yang dipanen dengan berbagai produk olahan.

Awalnya, ketertarikan itu berasal dari kebiasaan orang tuanya yang mengonsumsi jahe merah sebagai penambah imunitas tubuh. Lebih-lebih saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, imunitas tubuh yang tinggi sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal masuknya virus.

"Saya melihat Ayah dan Ibu sering mengkonsumsi jahe merah sebagai minuman, kondisi tubuhnya selalu terlihat bugar. Saya juga membaca di internet, jahe merupakan antioksidan alami yang banyak manfaatnya. Jahe merah ternyata bisa menyembuhkan batuk, saluran pernapasan, meningkatkan imunitas tubuh, dan mengandung imunomodulator yang mencegah masuknya virus ke dalam tubuh," terang Afrina mengawali kisahnya pada BANGSAONLINE.com.

Berkat hobi itu pula yang mengantarkan Rina -panggilan akrab Afrina Karimah Nur Aisyah- lolos dan ikut dalam seleksi Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup yang diselenggarakan Tunas Hijau dan Pemerintah Kota Surabaya.

Sampai saat ini, siswa kelas 5 SD ini, bersama orang tuanya telah menanam sebanyak 3.466 jahe merah di rumahnya. Jangan heran jika bertandang ke rumahnya terlihat tampak asri dengan tanaman jahe dalam berbagai wadah yang ditata rapi.

"Saya tanam di botol, gelas plastik, dan kemasan bekas. Budi dayanya di halaman rumah. Kalau sudah dipanen jahe merahnya dibuat wedang, sirup, coklat, permen, dan lilin aromaterapi," terangnya lebih lanjut.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO