Gandeng PDKK, AMP Disabilitas dan Covid-19 Kediri Gelar Vaksinasi Massal

Gandeng PDKK, AMP Disabilitas dan Covid-19 Kediri Gelar Vaksinasi Massal Koordinator AMP Disabilitas dan Covid-19 Kabupaten Kediri Sanusi (dua dari kiri), Ketua PDKK Umi Salamah, dan Kepala UPTD Puskesmas Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih drg. Muchoiyaroh (paling kanan). (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Masyarakat Peduli Covid-19 dan Disabilitas Kabupaten Kediri menggandeng PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri) menggelar vaksinasi massal untuk disabilitas di Kabupaten Kediri. Vaksinasi ini bekerja sama dengan Filantropi Indonesia dan FOZ Kediri yang didukung penuh oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Kediri.

Sanusi, Koordinator AMP Disabilitas dan Covid-19 Kabupaten Kediri menjelaskan kegiatan ini untuk membantu Pemkab Kediri dalam melaksanakan vaksinasi terhadap disabilitas. Sebab, selama ini banyak tantangan yang dihadapi oleh pelaksana untuk menghadirkan disabilitas ke lokasi vaksinasi.

Antara lain, akses ke lokasi vaksinasi yang jauh, tidak ada kendaraan atau keluarga yang mengantar, hingga keluarga yang enggan mengantar disabilitas karena mereka takut ikut divaksin juga. Selain itu, kata Sanusi, masih ada masyarakat yang menyembunyikan keberadaan disabilitas, serta terbatasnya perangkat desa dan satuan tugas desa dalam melakukan pendataan.

Karena itu, guna memudahkan disabilitas yang akan melakukan vaksin, pihaknya melakukan gerakan vaksinasi bersama disabilitas yang digelar tanggal 30 dan 31 Agustus 2021 di 30 puskesmas di Kabupaten Kediri.

"Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan akselerasi vaksinasi disabilitas di Kabupaten Kediri agar semua disabilitas mendapatkan akses vaksinasi," kata Sanusi, di Puskesmas Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih, salah satu puskesmas yang dijadikan tempat vaksinasi untuk disabilitas, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, Umi Salamah, Ketua PDKK mengaku sangat senang dengan adanya perhatian dari kawan-kawan yang tergabung dalam aliansi tersebut. "Dengan bantuan ini, tentu akan memudahkan kawan-kawan disabilitas untuk datang ke puskesmas terdekat dengan tempat tinggalnya," kata Umi Salamah.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO