Realisasi DBHCHT, DKPP Pamekasan Mulai Salurkan Bantuan 20 Paket Mesin Rajang untuk Poktan

Realisasi DBHCHT, DKPP Pamekasan Mulai Salurkan Bantuan 20 Paket Mesin Rajang untuk Poktan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan menyerahkan bantuan berupa 20 paket mesin rajang kepada kelompok tani (poktan) di Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan menyerahkan bantuan berupa 20 paket mesin rajang kepada kelompok tani (poktan) di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Senin (6/9/2021).

Bantuan puluhan paket rajang tersebut berasal dari anggaran DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) tahun anggaran 2021.

Mesin rajang itu diserahkan secara simbolis oleh Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah kepada peserta poktan yang diwakili oleh kepala poktan masing-masing.

Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah menyampaikan, bantuan itu bertujuan mengurangi biaya produksi tembakau. Puluhan paket alat teknologi rajang meliputi mesin rajang, genset, dan alat pengangkut.

"Tujuannya untuk mengurangi biaya produksi dengan memberi bantuan alat rajang, dengan rincian satu set terdiri mesin rajang, genset, dan alat pengangkut," kata Ajib Abdullah usai menyerahkan bantuan alat rajang kepada kepala poktan.

Menurutnya, poktan diperbolehkan untuk menyewakan mesin teknologi tepat guna tersebut kepada masyarakat di luar poktan, namun harus mengutamakan kepentingan anggota kelompok.

"Memang keterbatasan alat kadang-kadang disewakan, itu boleh dengan catatan kalau kelompok itu sendiri sudah tertangani. Tetapi kalau kelompok itu masih membutuhkan maka harus diprioritaskan," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO