Musim Tanam Selesai, Petani di Ngawi Pilih 'Simpan' Traktor di Pegadaian Agar Lebih Aman

Musim Tanam Selesai, Petani di Ngawi Pilih Suasana antrean di Kantor Pegadaian Cabang Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - menjadi tempat andalan sebagian besar masyarakat untuk mencari solusi terkait kesulitan keuangan dan modal. Tak terkecuali para petani di , mereka banyak yang mengajukan pinjaman uang di .

Misalnya pasca musim tanam seperti ini, sejumlah petani di akan mengandangkan mesin pengolah tanah alias traktor mereka ke kantor pegadaian. Menurut mereka, 'menyimpan' traktor di pegadaian merupakan solusi yang tepat. Di samping lebih aman, juga mendapatkan uang.

"Kalau sudah selesai musim tanam mesin traktor sudah tidak diperlukan lagi. Kalau (disimpan) di rumah memakan tempat, ya lebih baik digadaikan, kan aman," jelas Dul Kodir, salah satu petani di saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Diah Rachmi Widjayanti, Kepala Cabang saat dikonfirmasi membenarkan nasabahnya yang berprofesi sebagai petani mayoritas menggadaikan mesin traktor ke pegadaian. Apalagi saat selesai musim tanam seperti ini, mereka akan beramai-ramai menggadaikan traktor ke pegadaian, namun dengan nilai yang kecil.

"Sebab, mereka menggadaikan traktornya bukan disebabkan karena membutuhkan modal atau kesulitan keuangan, namun hanya sebagai tempat menyimpan mesin tersebut," terang Diah.

"Ya mungkin menurut mereka dengan menyimpan mesinnya di aman. Selain itu, juga mendapatkan modal untuk dana sampai musim panen," pungkasnya.

Diketahui, Cabang sendiri membawahi 6 kantor unit di seluruh Kabupaten . Semua kantor unit itu selalu kebanjiran nasabah petani saat musim usai tanam. Mereka kompak menggadaikan mesin traktornya ke . (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO