Siapkan Tenaga Kerja Unggul, Petrokimia Gresik Buka Program Magang Untuk 188 Peserta

Siapkan Tenaga Kerja Unggul, Petrokimia Gresik Buka Program Magang Untuk 188 Peserta Acara Pembukaan Program Magang Petrokimia Gresik 2021 yang diselenggarakan secara hybrid.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik membuka Program Magang 2021 kerja sama dengan tiga kementerian yang diikuti 188 peserta secara virtual di Gresik, Selasa (12/10/2021) kemarin.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo, menyampaikan bahwa pembangunan SDM merupakan prioritas utama dalam strategi pembangunan Indonesia. Sejalan dengan amanah Presiden RI Joko Widodo, Petrokimia Gresik membangun sinergi bersama stakeholder untuk mengembangkan kompetensi talenta.

"Petrokimia Gresik secara aktif menjalin sinergi dengan kementerian dan instansi pendidikan untuk menyelenggarakan program-program pengembangan SDM dalam bentuk pemagangan siswa, guru, mahasiswa, serta penelitian bersama," ujar Soesilo.

Ada tiga program pemagangan yang dilaksanakan Petrokimia Gresik di tahun 2021. Pertama, Magang Vokasi Industri Setara Diploma 1 kerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama dengan Politeknik Akademi Teknologi (ATI) Makassar, Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta.

Program yang menyasar jurusan Teknik Perawatan Mesin Industri serta Program Pemasaran dan Logistik ini diikuti oleh 40 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Jawa Timur yang menjadi binaan Petrokimia Gresik, dengan periode magang Agustus 2021 hingga Juli 2022.

Kedua, Program Magang Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). MBKM merupakan program baru bagi Petrokimia Gresik yang dimulai tanggal 23 Agustus 2021 hingga 23 Januari 2022 dan diikuti oleh 98 mahasiswa dari 40 perguruan tinggi di Indonesia.

Ketiga, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang merupakan kerja sama dengan Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI). PMMB telah berjalan sejak tahun 2019, dan tahun ini diikuti oleh 50 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia. PMMB 2021 dimulai sejak tanggal 23 Agustus hingga 23 Februari 2022.

Soesilo mengungkapkan bahwa program pemagangan di Petrokimia Gresik saat ini sudah semakin optimal dengan hadirnya fasilitas Digital Learning Center (DLC), yang merupakan wadah pembelajaran digital guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di berbagai kondisi.

Dengan hadirnya DLC, peserta magang tidak perlu datang ke pabrik untuk melakukan praktik kerja industri, karena mereka bisa mendapatkan pengalaman magang yang riil melalui platform virtual reality dan 360 plant facility learning.

"Fasilitas ini juga menjadi solusi bagi mahasiswa magang di masa pandemi Covid-19, karena banyak pembatasan pembelajaran guna mencegah penyebaran Covid-19," ungkap Soesilo.

Simak berita selengkapnya ...