Hapuskan Peredaran Uang, Lapas Delta Sidoarjo Terapkan Alat Pembayaran Non-Tunai

Hapuskan Peredaran Uang, Lapas Delta Sidoarjo Terapkan Alat Pembayaran Non-Tunai Petugas Lapas Delta Sidoarjo saat mempraktikkan penggunaan e-money sebagai alat pembayaran non-tunai.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com mengimbau jajarannya untuk menerapkan metode pembayaran non-tunai (cashless). Salah satu lapas yang telah menerapkan hal tersebut ialah Lapas Kelas IIA Sidoarjo (Lapas Delta Sidoarjo).

Lapas yang terletak di jantung Kota Delta itu menyosialisasikan kepada warga binaan tentang metode pembayaran dengan uang elektronik () sebagai alat pembayaran non-tunai. Pihak Lapas Delta Sidoarjo pun mengungkapkan secara teknis soal penggunaan kartu itu, mulai dari bagaimana cara top up (pengisian), membayar, dan mengecek saldo.

“Selain itu, petugas maupun warga binaan pemasyarakatan (WBP) dapat melihat riwayat transaksi yang telah dilakukan,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Sidoarjo, Teguh Pamuji, Jumat (15/10).

Ia mengatakan bahwa sosialisasi perlu dilakukan karena merupakan hal yang baru bagi warga binaan, dan nantinya akan menjadi budaya baru. Dengan penerapan cashless ini, Teguh menegaskan tidak akan ada lagi penggunaan uang tunai sebagai alat transaksi jual beli di dalam lapas.

Sementara itu, Kepala , Krismono, mengatakan bahwa pihaknya mendorong jajarannya untuk menghapuskan peredaran uang tunai, dan menggantinya dengan  sebagai alat tukar yang sah di dalam lapas. 

“Karena selama ini peredaran uang tunai jadi salah satu akar masalah,” kata Krismono. 

Masalah yang ditimbulkan dari adanya peredaran uang contohnya adalah adanya utang piutang hingga terjadinya pencurian dan pemalakan antarwarga binaan. Jika dibiarkan, maka akan berpotensi menyebabkan adanya kubu-kubu yang bisa memantik kerusuhan. 

"Dengan , diharapkan akan memudahkan warga binaan dalam memenuhi kebutuhannya di koperasi lapas,” ucap Krismono. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO