Satu-satunya di Jatim, Kota Madiun Jadi Pilot Project Aplikasi Klik KB

Satu-satunya di Jatim, Kota Madiun Jadi Pilot Project Aplikasi Klik KB Penyerahan cenderamata Pil KB bagi ibu menyusui dari Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Ir. Dwi Listyawardani kepada Wali Kota Madiun Maidi.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - sabagai salah satu pemerintahan daerah yang dapat menurunkan angka stunting, hari ini kedatangan Deputi Bidang Pengendalian Penduduk Dr. Ir. Dwi Listyawardani untuk meresmikan pilot project program penurunan stunting, pelayanan implan satu batang, pil KB menyusui, dan program Dashat, serta pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi keluarga.

"Program apa pun dari pemerintah pasti berhasil di . Saya tahu karena saya sebagai juri dan selalu menjadi finalisnya. Rangkaian kegiatan penurunan stunting yaitu pelayanan implan 1 batang, pil KB bagi ibu menyusui. Ini untuk menjaga jarak kelahiran," ujar Dwi Listyawardani saat launching program tersebut, Jumat (15/10/2021).

Tidak hanya penggunaan implan 1 batang dan pil KB bagi ibu menyusui saja yang dijelaskan oleh Dwi Listyawardani. Ia juga menjelaskan semua bentuk usaha sebagai upaya menurunkan angka stunting bagi anak. Termasuk pembinaan bagi calon pengantin (catin) serta makan makanan bergizi dengan adanya Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, ia menegaskan kegiatan yang lebih penting adalah launching program aplikasi Klik KB, yang hanya diadakan di bagi wilayah Jawa Timur, sebagai pilot project.

"Tapi kalau program yang lainnya, kita ada di beberapa kota di Jawa Timur," terang Dwi kepada BANGSAONLINE.com usai launching.

Secara rinci, ia menjelaskan bahwa Klik KB bertujuan untuk memantau semua apsektor KB, sehingga bila ada yang putus pakai bisa segera diberi pengarahan. "Dan aplikasi ini terintegrasi dengan langsung dengan pusat," jelasnya.

Sementara Wali H. menyambut baik dan akan selalu menjalankan program-program yang digagas .

"Kita mendapatkan pilot project program stunting sama pencegahan ibu hamil (bumil). Dari pusat hadir semua. Dan juga menerima penghargaan Bangga Kencana," ungkap kepada awak media.

Sebagai kota yang memperoleh penghargaan Bangga Kencana, maka akan selalu dipantau terkait catin, bumil, serta angka stunting. Terkait Dashat, Dawami akan menitipkan program tersebut pada posyandu yang ada di setiap kelurahan. (dro/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO