Pemkab Jember Gelontorkan Rp25 Miliar untuk Program Beasiswa

Pemkab Jember Gelontorkan Rp25 Miliar untuk Program Beasiswa Kepala Bidang SMP Dispendik Jember, Nur Hamid, di ruang kerjanya.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mencanangkan program bagi 5.000 mahasiswa melalui APBD 2021 sebesar Rp25 miliar.

Kepala Bidang SMP Dispendik , Nur Hamid, yang juga menjabat sebagai Tim Beasiswa Pemkab , menjelaskan bahwa program ini diperuntukan bagi mahasiswa untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau biaya perkuliahan tiap semester.

"Ini (sekarang) biaya hidup tidak ada, hanya UKT. Jadi hanya biaya UKT bantuan yang kita berikan kepada mahasiswa penerima Beasiswa," ujarnya, Selasa (19/10).

"Untuk anggaran yang telah ditentukan sebesar Rp25 miliar diperuntukan untuk 5.000 Mahasiswa asal ," tuturnya menambahkan.

Hamid berujar, proses seleksi calon mahasiswa penerima bakal dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Jadi yang menentukan layak dan tidaknya adalah OPD, seperti dispendukcapil dan dinsos," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Bagian Kemahasiswaan Universitas (UNEJ), Jer, mengaku bahwa Pemkab hanya memberi bantuan UKT paling besar Rp5 juta.

"Jadi walaupun UKT nya Rp10 juta atau Rp7 Juta, dapatnya tetap Rp5 juta, kalau tidak salah seperti itu," kata Jer.

"Kalau sebelumnya, itu ada biaya hidup, tapi saat ini tidak ada. Saya belum tahu tanggapan mahasiswa, karena belum cair," ucap Jer. (yud/eko/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO