Kekeringan Jadi Bencana Tahunan 5 Kecamatan di Tuban

Kekeringan Jadi Bencana Tahunan 5 Kecamatan di Tuban Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , Yudi Irwanto, membeberkan data terbaru kekeringan di wilayahnya.

Menurut dia, bencana kekeringan berpotensi terjadi pada 33 desa dan 65 dusun yang tersebar di 9 kecamatan di . Namun, setelah dilakukan asesmen jumlah itu dimungkinkan berkurang karena hujan mulai turun di berbagai wilayah belakangan ini.

"Setelah kita asesmen baru 5 kecamatan, 10 desa, dan 23 dusun memang kritis yang harus kita dropping air bersih," ujarnya, Senin (25/10).

Ia menuturkan, sejumlah wilayah tersebut meliputi Kecamatan , , , Parengan, dan Montong. Pihaknya mengaku sudah melakukan dropping air bersih setiap hari dengan mengerahkan 4 tangki truk yang masing-masing tangki 3 kali rit.

"Kita setiap hari telah melakukan dropping air bersih ke wilayah yang mengalami krisis air bersih," tuturnya.

Ia berujar, kekeringan yang melanda sejumlah daerah itu telah terjadi hampir setiap tahun. Sebab, lokasi desa yang berada di ketinggian membuat sumber air cepat kering saat kemarau. Sedangkan, berdasarkan data dari BMKG, bencana kekeringan di diprediksi akan berlangsung hingga akhir bulan depan.

"Rata-rata (kekeringan terjadi di) daerah yang letaknya di atas, sebab pemicunya adalah sumber mata airnya kering dan habis, seperti di dan Desa Jadi Kecamatan . Karena PDAM sudah tidak memungkinkan. Musim penghujan diprediksi terjadi akhir November mendatang," paparnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO