Netizen China di Indonesia Marah, Presiden Jinping Disamakan Winnie the Pooh

Netizen China di Indonesia Marah, Presiden Jinping Disamakan Winnie the Pooh Inilah foto lukisan "Xi's going on a bear hunt" by Badiucao Credit: Badiucao/CNN

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ternyata bukan hanya pejabat Tiongkok yang marah besar. Netizen etnis China atau netizen pro China di Indonesia juga marah terhdap Badiucao, seniman yang menyamakan dengan .

“budi ucao bagaimana jika saya gambar ayah anda dengan pose provokatif??? jangan seenaknya jadi orang,” tulis huo yen jia.

Itu kan menurutmu cnbc….disneyland china juga ada winnie….biasa aja,” tulis Bacabeb, netizen yang lain.

Sedang THREE EYES menulis begini: Xi Jin Ping begitu mulia, mengangkat jutaan masyarakat miskin. Ini namanya Amal nyata,”.

Selama ini netizen etnis China atau netizen pro China sangat aktif memberikan komentar, terutama terkait masalah negara China dan agama. Namun mayoritas pakai anonim. Bahkan kadang mereka memakai nama samaran Jawa dan Arab.

Seperti diberitakan CNBC, Budiucao, seniman kelahiran Shanghai, menggelar pameran seni provokatif terhadap pemerintahan Presiden China . Hal ini sontak membuat marah para pejabat China.

Namun bagi seniman pembangkang, yang telah tinggal di pengasingan di Australia sejak 2009, pertengkaran dan kemarahan dari pihak China tidak terlalu mengejutkan baginya.

"Hampir tidak mungkin (untuk) menghindari menyinggung pemerintah China akhir-akhir ini," katanya, dikutip dari CNN International, Minggu (14/11/2021).

“Apa pun bisa menjadi sensitif; apa pun bisa menjadi masalah."

Pameran seni itu digelar di sebuah museum di Brescia, Italia utara. Terlihat gambar Presiden berdampingan dengan karakter fiksi . Gambar ini sendiri telah disensor secara luas di media sosial China.

Simak berita selengkapnya ...