Didaulat Sebagai Pembicara dalam Dialog Interaktif, Wakil Bupati Jember Ajak Jaga Perdamaian

Didaulat Sebagai Pembicara dalam Dialog Interaktif, Wakil Bupati Jember Ajak Jaga Perdamaian Wakil Bupati Jember, M Firjaun Barlaman.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hadir dalam dialog interaktif lintas agama, Wakil Bupati Jember, M Firjaun Barlaman, didaulat menjadi pembicara bertema 'Menjaga Toleransi untuk Keutuhan NKRI'. Agenda tersebut dilakukan guna terciptanya kerukunan hidup beragama yang harmonis dalam kemajemukan. 

Kegiatan ini diinisiasi oleh MUI dan diikuti puluhan peserta yang terdiri dari tokoh-tokoh lintas agama, organisasi keagamaan, dan kepemudaan dari ormas keagamaan di wilayah tersebut.

“Mengakui dan menjaga keberagaman itu termasuk dari cinta negeri Indonesia, istilahnya hubbul wathoniyah dalam agama Islam, dan itu sebagian dari Iman,” ujarnya, Senin (15/11).

"Dalam Sumpah Pemuda juga menyatakan bahwa kami berbangsa satu, bangsa Indonesia. Nah menyatakan bangsa, sudah tidak melihat latar belakang agama, suku maupun lainnya lagi, yang ada kita semua beridentitas satu sebagai bangsa Indonesia, siapapun asal orang Indonesia itu saudara kit," tuturnya menambahkan.

Ia menegaskan, selama mengaku Indonesia maka wajib mengakui bahwa tanah air ini terbentuk dari keberagaman. Dendan demikian, kata Firjaun, setiap warga Indonesia harus memiliki toleransi di tengah keberagaman ini.

“Bangsa Indonesia, ini sudah tidak melihat latar belakang agama, suku maupun lainnya lagi, yang ada kita semua beridentitas satu sebagai bangsa Indonesia, siapapun asal orang Indonesia itu saudara. Asas kemanusiaan menjadi alasan utama untuk saling menjaga toleransi dalam keberagaman,” paparnya. (yud/eko/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO