Tingkatkan Produktivitas Petani, DPKP Tuban Salurkan Alat Pengolah Pupuk Organik

Tingkatkan Produktivitas Petani, DPKP Tuban Salurkan Alat Pengolah Pupuk Organik Kelompok tani saat menerima bantuan dari DPKP Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban menyerahkan sembilan unit alat bantuan program pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) kepada sembilan kelompok tani (poktan) di wilayahnya, Jumat (19/11).

Kepala Bidang Perkebunan dan Holtikultura , Lamidi, mengatakan bahwa sembilan paket bantuan tersebut terdiri dari satu set bantuan berupa satu buah chopper, satu kendaraan roda tiga, serta satu unit pembangunan rumah kompos, yang diberikan masing-masing kepada poktan yang telah mengusulkan.

“Kelompok tani yang dipilih merupakan poktan yang telah memiliki embrio atau pernah dan berpotensi melakukan produksi ,” ujarnya.

Ia memaparkan, program UPPO telah dimulai sejak tahun 2020 dan bertujuan untuk mengubah pola pikir petani yang selama ini menggantungkan diri pada pemakaian pupuk pabrikan (unorganik) agar beralih ke pemakaian yang bisa diproduksi sendiri.

“Ini penting, sebab dari segi harga, pupuk unorganik lebih mahal dan terbatas. Pemerintah pusat juga telah mengurangi jatah subsidi pupuk maupun jumlah pupuk non subsidi tiap tahunnya,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...