Antisipasi Banjir dan Longsor, Bupati Tuban Tanam Rumput Vetiver di Bantaran Kali Kening

Antisipasi Banjir dan Longsor, Bupati Tuban Tanam Rumput Vetiver di Bantaran Kali Kening Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, saat menanam rumput vetiver di sepanjang bantaran Sungai Kening.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor di wilayahnya. Salah satunya, bersama Pemerintah , , melakukan penghijauan di sepanjang bantaran dengan menanam rumput vetiver.

, , mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor di daerah tersebut. Menurut dia, rumput vetiver juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

"Ini selain untuk menjaga agar tanah tidak longsor, rumput di sini juga bisa dijual sehingga bisa menambah nilai ekonomi masyarakat," ujarnya, Rabu (22/12).

Saat ini, kata Lindra, sedang fokus penanganan banjir, mulai dari melakukan penanaman pohon, normalisasi sungai, hingga pembuatan waduk skala besar. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar DAS Bengawan Solo untuk pengaturan pintu air.

"Selama ini yang terjadi kalau musim hujan dibuka, kalau musim kemarau ditutup, nah ini merugikan masyarakat kita. Jadi, kami langsung komunikasi ini dengan pihak DAS Bengawan Solo," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...