PT Cargill Gresik Kembali Tanam 1.000 Mangrove di Kalimireng

PT Cargill Gresik Kembali Tanam 1.000 Mangrove di Kalimireng Penanaman mangrove yang dilakukan oleh PT Cargill Indonesia-Cocoa & Chocolate di kawasan Kalimireng, Manyar, Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com -Cocoa & Chocolate Gresik kembali melanjutkan aksi tanam dalam program Konservasi Mangrove Biru , Kamis (6/1). Kegiatan ini bekerja sama dengan Yayasan Esa Khatulistiwa, Biologi ITS Surabaya, dan Pemerintah Desa (Pemdes) Manyarsidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Penanaman 1.000 bibit mangrove kali kedua tersebut menebar jenis Rizophora dan Avicenia yang difokuskan di sepanjang jalan pintu masuk Wisata Mangrove , Desa Manyar Sidomukti.

“Aksi tanam ini selain bermanfaat untuk menjaga populasi mengrove, juga untuk menambah estetika lokasi wisata," ujar Admin and Relations Manager -Cocoa & Chocolate Gresik, Adi Suprayitno, Kamis (6/1).

Ia menuturkan, Desa Manyarsidomukti merupakan salah satu desa yang berada dalam kawasan ekonomi esensial yang sedang tumbuh secara ekonomi sejak ditetapkan sebagai zona perdagangan internasional oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. 

Sehingga, kata Adi, perlu dilakukan penguatan strategi pembangunan desa dengan memperhatikan keterikatan sektor sosial, ekonomi dan lingkungan (SDGs Desa). "Seperti keberadaan mangrove di harus tetap terjaga guna kelestarian lingkungan, penyeimbang polusi industri, ekosistem ikan, dan menjaga degradasi lahan pesisir," tuturnya.

Sementara Sriyanto, Manager Program Yayasan Esa Khatulistiwa, mengatakan salah satu pilar program Mangrove Biru adalah penguatan zona konservasi di sungai dengan pengkayaan jenis-jenis mangrove yang sudah mulai punah populasinya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO