Begini Syarat Beli Minyak Goreng Rp14 ribu/liter di Kota Blitar

Begini Syarat Beli Minyak Goreng Rp14 ribu/liter di Kota Blitar Toko sembako yang menjual minyak goreng di Kota Blitar dengan harga Rp14 ribu/liter.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Setelah pemerintah menetapkan harga Rp14 ribu/liter, masyarakat banyak yang menyerbu toko modern untuk memborong salah satu jenis sembako tersebut. Selain di toko modern, dengan harga segitu bisa dijumpai pada sejumlah agen dan distributor di .

Meski sudah mengikuti pemberlakuan harga sesuai dengan ketetapan pemerintah, ada sejumlah syarat yang ditentukan. Ini dilakukan untuk mencegah adanya beli panik atau yang akrab dengan istilah panic buying

Seperti yang dilakukan agen sembako di Jalan Dr Wahidin , Anton Hartono. Pembeli hanya diberi jatah 6 liter/orang. Selain itu, mereka yang membeli di sana juga harus menunjukkan kartu identitas.

"Tadi pagi dapat dua merk dengan harga jual Rp14 ribu. Datang tadi pagi 50 karton, penjualan dibatasi dengan menunjukkan KTP. Maksimal 6 liter," ujarnya, Kamis (27/1).

Sedangkan agen lain di Jalan Tanjung , Shindu Fahrudin, mengatakan bahwa pihaknya juga memberlakukan hal yang sama untuk penjualan . Ia hanya memperbolehkan maksimal dua liter untuk satu pembeli.

"Maksimal satu konsumen dua liter. Karena kalau kita kasih lebih stoknya tidak cukup," kata Shindu.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) juga memantau penjualan di sejumlah agen, distributor, pasar tradisional, dan toko modern di wilayahnya. Kepala Dinsperindag , Hakim Sisworo, mengatakan bahwa hasil monitoring sudah ada yang dijual dengan harga yang ditentukan, tapi masih ada pula yang dijual dengan harga lama.

"Ada yang sudah menjual dengan harga Rp14 ribu, ada yang memang masih agak tinggi. Karena memang merek-merek tertentu masih menunggu proses administrasi di kementerian," ucap Hakim.

Ia memastikan, stok di sejauh ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga. "Stok aman sampai saat ini," tuturnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '2 Jam, 2.500 Liter Minyak Goreng Murah Ludes Terjual':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO