Peringati HPN 2022, Komunitas Wartawan Gresik Santuni 50 Anak Yatim

Peringati HPN 2022, Komunitas Wartawan Gresik Santuni 50 Anak Yatim Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty. Foto: BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com () memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Dalam agenda tersebut, komunitas wartawan di Kota Pudak itu menyantuni 50 anak yatim, khataman alquran, dan memotong tiga tumpeng di Sekretariat , Jalan Basuki Rahmat, Rabu (9/2).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh , Aminatun Habibah; Ketua , Much Abdul Qodir; Wakapolres Gresik, Kompol Eko Iskandar; Ketua Milenial DPD NasDem Gresik, Amelia Anwar; Ketua Garnita Malahayati, Erni Rofikoh Anwar; Ketua periode 2021-2022, M Syuhud Almanfaluty; perwakilan Kodim 0817 Gresik, dan jajaran pengurus serta anggota .

Dalam sambutannya, Syuhud mengatakan bahwa peringatan HPN tahun ini dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan demikian, acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) guna menghindari virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu. 

"Peringatan ini dengan prokes, sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya mencegah sebaran dan memutus mata rantai Covid-19," ujarnya.

Secara Nasional, lanjut Syuhud, berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan tema 'Eco Tourism Solusi Bangkit Dari Pandemi'. Menurut dia, pers mengajak masyarakat untuk bangkit, bersatu, dan guyub melawan Covid-19 dengan mematuhi anjuran pemerintah untuk menegakkan prokes.

Syuhud memaparkan, tema yang diambil merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, aspek pembelajaran, dan pendidikan untuk menggeliatkan perekonomian. Terkait pengembangan pariwisata, pihaknya bersama  menginisiasi studi banding di Bandung, Jawa Barat, untuk mengembangkan potensi wisata di Kota Pudak.

"Di Kabupaten Gresik saat ini memang ekowisata lagi tren, digarap oleh desa untuk menggeliatkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan. Diharapkan ekowisata bisa cepat menggerakkan roda perekonomian, sehingga Indonesia bisa bangkit dari pandemi," kata wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com ini.

"Alhamdulillah, setelah itu banyak muncul objek wisata baru di desa-desa. Sekarang banyak wisata desa sukses. Tentu selain bisa menumbuhkan ekonomi, menciptakan pekerjaan, juga bisa berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Saya berharap pandemi covid cepat berlalu, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal, ekonomi masyarakat, ekonomi bangsa kembali bangkit, " paparnya menambahkan.

Syuhud mengajak kepada semua insan pers untuk membantu berbagai program pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, laju penyebaran virus bisa ditekan dengan pemberitaan yang massif.

Ia mengungkapkan, sebagai pilar demokrasi selalu membuka pintu untuk membangun kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Sebagai wujud kerja sama, mengadakan studi banding bersama dewan ke Banyuwangi dalam program pengentasan kemiskinan pada 24-26 Februari mendatang. 

"Angka kemiskinan di Kabupaten Gresik masih tinggi, 12,42 persen pada tahun 2021 dan Banyuwangi berada di sekitar angka 7 persen.  bersama DPRD dan Pemkab Gresik akan ke sana untuk mempelajari kiat-kiat Banyuwangi menurunkan angka kemiskinan agar bisa diaropsi. siap berkolaborasi dengan Pemkab Gresik, DPRD, dan semua komponen masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Gresik makin maju, dan masyarakat semakin sejahtera," paparnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO