Jadi Vaksin Halal Pertama, Kiai Asep Pimpin Doa Seremoni Uji Klinik Vaksin Merah Putih

Jadi Vaksin Halal Pertama, Kiai Asep Pimpin Doa Seremoni Uji Klinik Vaksin Merah Putih Menko PMK Muhajir Effendy, Gubernur Jawa Timur Khofifah, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan Rektor Unair M Nasih dalam acara Seremoni Uji Klinik Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rabu (9/2.2022). Foto: mma/bangsaonline.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Prof Dr , MA, didaulat untuk memimpin doa pada acara seremoni Uji Klinik Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rabu (9/2/2022). Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu tampak sangat senang karena Vaksin Merah Putih adalah produk anak bangsa yang bisa bersaing di pelataran internasional.

Apalagi Vaksin Merah Putih telah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Vaksin Merah Putih bahkan merupakan pertama.

Kiai Asep mengaku siap all out membantu pengembangan vaksin yang dianggap pengejewantahan nasionalisme Indonensia itu.

Kiai Asep bahkan membawa 8 santri Amanatul Ummah untuk jadi relawan atau subyek uji klinik Vaksin Merah Putih yang dikembangkan dan PT Biotis Pharmaceuticals serta RSUD Dr Soetomo Surabaya itu.

“Demi nasionalisme, saya siap membantu, apalagi ini adalah pertama,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com usai acara.

Vaksin merah putih telah mendapatkan izin dari Badan POM. Vaksin Merah Putih memulai uji klinis fase 1 di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Rabu (9/2).

Kiai Asep mengaku siap untuk membantu menghadirkan 500 relawan untuk uji klinik Vaksin Merah Putih tahap berikutnya. “Asal tempatnya di Amanatul Ummah,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE.com.

Menurut dia, di Mojokerto masih banyak yang belum divaksin. “Kalau 5.000 orang masih ada,” kata Kiai Asep. Salah satu syarat untuk menjadi relawan uji klinik memang belum pernah divaksin.

Hadir dalam acara itu Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak, Pangdam V/Brawiajaya TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Rektor M Nasih, Dirut RS Dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi, dan tokoh lain.

Sementara Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan secara virtual. Ia tak bisa hadir karena secara mendadak ada rapat di Bogor. “Sebenarnya tiket sudah disiapkan,” katanya sembari mengatakan akan tetap datang ke Jawa Timur pada masa akan datang.

(Prof Dr , MA, saat memimpin doa Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rabu (9/2.2022). foto: mma/ bangsaonline.com)

Sementara Gubernur Khofifah ketika memberikan sambutan sempat menyebut Kiai Asep secara khusus. “Kiai Asep tidak hanya istiqamah salat malamnya, tapi juga dengan 9 ribuan santrinya,” kata Gubernur Khofifah. Karena itu Khofifah berharap Kiai Asep terus membantu mendoakan agar Vaksin Merah Putih ini lancar dan sukses.

Meski proses kelahirannya terlambat, tapi vaksin Merah Putih ditargetkan menjadi tulang punggung vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. Kemandirian ini diperlukan agar Indonesia bisa swadaya dalam penyediaan vaksin untuk warganya.

Selama ini vaksin di Indonesia masih mengandalkan impor. Pada tahun 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 47 triliun untuk mengimpor vaksin. Sedang total anggaran untuk program vaksinasi di tahun 2021 mencapai 58 triliun.

Rektor Moh Nasih mengatakan, Vaksin Merah Putih telah diproyeksikan sebagai produk vaksin kebanggaan nasional dan dipastikan telah bersertifikat halal. Nasih bahkan menyebut Vaksin Merah Putih tersebut sebagai vaksin Covid-19 berstatus halal pertama.

“Vaksin ini akan menjadi vaksin Covid-19 berstatus halal pertama. Sertifikat halal tersebut akan berlaku dari 7 Februari 2022 hingga 6 Februari 2026,” kata Nasih saat memberikan sambutan.

Nasih mengatakan, meski telah memasuki masa uji klinis tahap I, perjalanan Vaksin Merah Putih akan sangat terjal demi mencapai status siap edar. Ia mengatakan, diperlukan kerja sama dari semua pihak.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO