12 Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan Meninggal Dunia, Rata-Rata Lansia Komorbid dan Koinsiden

12 Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan Meninggal Dunia, Rata-Rata Lansia Komorbid dan Koinsiden Salah satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia saat dikuburkan di tempat pemakaman.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 di Kabupaten kembali mulai membawa korban jiwa. Tercatat, dari awal Februari hingga tanggal 22 Februari 2022 sudah ada 12 pasien positif meninggal dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Smart , dr Syaiful Hidayat. Ia mengatakan, sedari awal Februari 2022, RSUD Smart merawat sebanyak 88 pasien positif Covid-19.

Dari pasien sebanyak itu, tercatat 12 pasien positif Covid-19 meninggal dunia. Rerata, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia itu usia tua. Mulai dari usia 73 tahun hingga 100 tahun.

"Pasien positif Covid-19 yang meninggal itu karena punya penyakit penyerta lain, seperti gagal ginjal, jantung, ada juga yang karena kecelakaan, setelah diswab positif. Lalu karena mengalami cedera otak yang kecelakaan itu terus meninggal," kata dr Syaiful di ruang kerjanya, Selasa (22/2/2022).

Bahkan, ada pula dua ibu yang dirujuk hendak melahirkan ke RSUD Smart dengan gejala kejang-kejang. Setelah dioperasi meninggal dunia dalam keadaan positif Covid-19. Sedihnya, salah satu di antara dua bayi yang hendak dilahirkan itu ikut meninggal.

"Rontgen paru-parunya normal, jadi Covid-19 itu hanya menumpang di nya si ibu hamil ini, namanya setelah diswab positif Covid-19," ungkapnya.

Pendapat dokter yang akrab disapa Yayak itu, kasus positif Covid-19 yang terjadi tahun 2022 ini kebanyakan karena dan .

"Jadi tidak murni karena Covid-19. Kalau dulu, varian Delta murni datang dengan Covid-19 seperti demam, batuk, sesak dan pakai ventilator dengan oksigen tinggi," jelasnya.

"Kalau yang sekarang jarang. Biasanya yang meninggal itu karena kelainan paru-paru. Ada juga yang lansia karena terlalu berat, meninggalnya karena itu. Sedangkan Covid-19 nya hanya numpang di penyakit utamanya," tutupnya. (dim/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO