Tradisi Tarling Terus Dilestarikan MWC NU Gempol

Tradisi Tarling Terus Dilestarikan MWC NU Gempol Kegiatan tarawih keliling MWC NU Gempol di salah satu masjid.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tradisi tarling (tarawih keliling) masih terus dilakukan oleh warga NU di Pasuruan. Di antaranya oleh pengurus MWC Gempol.

Para ustad dan tokoh agama mendatangi masjid-masjid secara bergiliran selama Ramadan dengan tujuan menyiarkan agama dan memperkuat silaturahmi.

H Jemik Sadiman, Bendahara , mengatakan kegiatan tarawih keliling sudah menjadi tradisi umat muslim, khususnya di wilayah Gempol.

Menurutnya, ada tiga poin penting dari kegiatan tarling. Pertama untuk edukasi. Yakni menyampaikan program-program pemerintah maupun organisasi keagamaan kepada masyarakat.

"Kedua, menyampaikan aspirasi yang positif melalui dialog-dialog dengan masyarakat tentang persoalan yang tengah mereka hadapi," ujarnya.

"Dan, yang terakhir adalah untuk meningkatkan silaturahim karena di tarling melibatkan unsur pemerintah dan aparat, mulai kepolisian dan TNI, dan ini perlu dilestarikan," jelasnya.

Kegiatan tarling sendiri dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok A dan kelompok B. Tujuan di pembagian ini agar kegiatan tersebut bisa merata di semua desa. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO