Diskominfo Kota Kediri Matangkan Persiapan APW 2022

Diskominfo Kota Kediri Matangkan Persiapan APW 2022 Zainal Andy saat menyampaikan materi kepada peserta di studio Pawon Cinema, Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Diskominfo Kota kini tengah mematangkan berbagai persiapan untuk mengikuti Anugerah Pewarta Warga (APW) 2022 dalam rangka mempertahankan gelar juara di ajang tersebut. 

Pada 2019, Kota menjuarai tiga kategori (juara 1 artikel berita, juara 2 videografi dan juara 2 video berita) di kompetisi yang melombakan Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) dari berbagai daerah di Jawa Timur ini.

“Mempertahankan gelar juara jauh lebih sulit. Sehingga, kami telah melakukan persiapan lebih ekstra dari tahun sebelumnya untuk APW tahun ini. Kami menggandeng para praktisi-praktisi professional di bidangnya untuk membimbing KIM Kota dari berbagai kategori lomba yang diikuti,” kata Kepala Diskominfo Kota , Apip Permana, Rabu, (15/6/2022).

Pihaknya mendatangkan seorang sinematografer ternama dari Kota Tahu, Zainal Andy, di studio Pawon Cinema, Kelurahan/Kecamatan Mojoroto, Kota , Selasa (14/6/2022) malam. Saat itu, ia memberi pengarahan intensif kepada sejumlah KIM yang mendaftar di kategori video berita.

Untuk kategori foto berita, Diskominfo Kota menggandeng Prasetyo dari LKBN Antara untuk memberikan bimbingan. Jurnalis Indosiar, Danu Sukendro, didatangkan untuk turut menularkan ilmu-ilmunya kepada KIM Kota terkait kategori artikel berita.

“Jadi total ada 5 kategori lomba yang rencananya akan kami ikuti dan tengah dipersiapkan, yakni video berita, videografis, artikel berita, foto berita, dan infografis, di mana masing-masing kategori akan mengangkat tema utama APW 2022 yakni Optimis Jatim Bangkit,” urai Apip.

Menurut dia, lomba APW ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari peran KIM di masyarakat. Apip menganggap, KIM sebagai ‘pewarta’ masyarakat diharapkan mampu menjalankan peran dan fungsinya untuk memberikan informasi yang valid dan bermutu. 

“Setelah 2 tahun kompetisi ini tidak ada, lantaran kondisi pandemi yang belum kondusif, akhirnya tahun 2022, APW bisa kembali digelar. Tentu kami berharap Kota dapat kembali memboyong berbagai gelar juara,” ujarnya

Periode lomba dan pengiriman karya APW 2022 ini berlangsung mulai tanggal 18 Juni-18 Juli 2022. Sementara itu, penganugerahan direncanakan berlangsung pada 28 Juli 2022. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO