Ringankan Beban Pedagang di Kabupaten Pasuruan, Perbup No 109 Tahun 2022 Diberlakukan

Ringankan Beban Pedagang di Kabupaten Pasuruan, Perbup No 109 Tahun 2022 Diberlakukan Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Fery.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab memberlakukan Perbup No. 109 Tahun 2022 tentang Pembebasan Sanksi Administrasi berupa Bunga dan/Denda Retribusi Pemanfaatan Kekayaan Daerah (Ruko, Kios, Bedak, dan Los). Hal itu dilakukan dalam rangka meringankan beban pedagang yang memanfaatkan aset pemerintah di Kabupaten .

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten , Diano Vela Fery, memastikan hal tersebut. Ia mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini.

“Perbup Nomor 109 tahun 2022 ini sangat solutif bagi masyarakat pengguna aset daerah agar bisa terlepas dari denda karena tunggakan retribusi yang tidak terbayar,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (6/6/2022).

“Jadi, masyarakat terkhusus berjualan di pasar rakyat milik Pemkab hanya perlu melunasi retribusi yang belum terbayar, tanpa harus membayar denda dari keterlambatan pembayaran retribusi tersebut,” imbuhnya.

Batas waktu regulasi berlaku sampai dengan akhir tahun, atau 31 Desember 2022. Diano juga mengungkapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten dari aset pemerintah yang dimanfaatkan pedagang.

"Perlu diketahui bahwa serapan PAD hasil dari retribusi ruko, kios, bedak, dan los yang menjadi tunggakan para pemanfaat kurang lebih Rp20 miliar sampai tahun ini dan denda kurang lebih Rp10 miliar," ungkapnya. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO