Kiai Asep Ungkap Cara Mudah Kuasai Kitab Kuning, Syaikh Al Azhar Mesir Beri Ijazah

Kiai Asep Ungkap Cara Mudah Kuasai Kitab Kuning, Syaikh Al Azhar Mesir Beri Ijazah Syaikh Abdul Aziz Ahmad Syahawi Al Husaini saat diajak keliling oleh Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA melihat unit usaha Amanatul Ummah, Selasa (19/7/2022). Foto: M Mas;ud Adnan/ BANGSAONLINE.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang populer sebagai pesantren modern dan santrinya banyak diterima di perguruan tinggi negeri favorit, ternyata konsisten mengembangkan tradisi baca kitab kuning.

Selama dua hari pesantren yang diasuh Prof Dr , MA, itu mendatangkan sejumlah ulama besar untuk pengembangan literasi kitab warisan para ulama tempo dulu, terutama bermadzhab Syafii. Diantaranya ulama besar dari Mesir, Al Husaini.

Syaikh Abdul Aziz adalah ulama alim dan kharismatis Al Azhar Mesir yang populer memadukan pemahaman dan hafalan. Nasabnya bersambung pada Rasulullah SAW. Ulama kelahiran Nimrat el Bashal, provinsi Gharbiyah, Mesir pada 5 Mei 1945 itu juga dikenal sebagai pemegang sanad Madzhab Syafii Mesir.

Syaikh Abdul Aziz berada di Amanatul Ummah selama dua hari. Pada Senin (18/7/2022) ia memberikan ceramah bersama para ulama Indonesia di Masjid Kampus Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto. Mereka adalah Dr (HC). KH. Afifuddin Muhadjir, M.Ag (Naib Mudir Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo), KH. Abdusshomad Bukhori (mantan ketua MUI Jawa Timur), Prof. Dr. Husein Aziz, M.Ag (dosen Pascasarjana IKHAC) dan Prof. Dr. Muhammad Ali Haidar, M.A yang juga dosen Pascasarjana IKHAC.

(Prof Dr , MA dan  Al Husaini. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com) 

Pada Selasa (19/7/2022) hari ini, Syaikh Abdu Aziz kembali memberikan ceramah di Masjid Kampus IKHAC. Banyak peserta dari berbagai daerah, disamping mahasiswa IKHAC sendiri. Mereka tampak antusias terhadap ijazah yang diberikan oleh Syaikh Abdul Aziz terkait sanad pembacaan Kitab dan Al Qiraah al-Asyroh Li As-Satiby.

“Tadi pagi memberi pengajian pada para santri di masjid atas,” tutur Prof Dr , MA, kepada BANGNSAONLINE.com, Selasa (19/7/2022). Yang dimaksud masjid atas adalah Masjid Raya KH Abdul Chalim Pondok Pesantren Amanatul Ummah Kembang Belor Pacet Mojokerto.

Pantauan BANGSAONLINE.com, pada pagi tadi Syaikh Abdul Aziz sempat diajak keliling oleh Kiai Asep. Yaitu untuk menyaksikan beberapa unit usaha Amanatul Ummah. Diantaranya ke tempat produksi air mineral merk Afia dan SPBE Amanatul Ummah. Setiap berada di unit usaha itu Kiai Asep minta Syaikh Abdul Aziz untuk mimpin doa yang diamini  para rombongan.   

Selain itu tentu Kiai Asep juga mengajak Syaik Abdul Aziz menyaksikan unit pendidikan yang berada di bawah lingkungan Amanatul Ummah.

( Al Husaini. Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com) 

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':