JPM Gresik Siap Jadikan Masyarakat di Kota Pudak Melek Pancasila

JPM Gresik Siap Jadikan Masyarakat di Kota Pudak Melek Pancasila Lima Anggota JPM Kabupaten Gresik saat menjadi peserta dalam penguatan pembinaan ideologi pancasila JPM Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh BPIP. Foto: BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lima anggota Jejaring Panca Mandala (JPM) Kabupaten mengaku siap menjadikan masyarakat di Kota Pudak mengerti akan Pancasila. Mereka mengikuti kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila JPM Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh Badan Pembinaan Ideologi (BPIP) di Hotel Grand Dafam, Surabaya, mulai kemarin hingga Kamis (28/7/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dam mewakili unsur pemerintah, akademisi, organisasi masyarakat (ornas), media, dan pengusaha. Kelima utusan JPM adalah, Tursilowanto dari unsur pemerintah, Hamim Farhan dari unsur akademisi, KH Abd Muis dari unsur organisasi masyarakat, M Syuhud Almanfaluty dari unsur media, dan Amous Huwae dari unsur pengusaha.

Dalam JPM tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPIP, Tonny Agung Arifianto; Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Elfrida Herawati Siregar; Aris Heru Utomo, dan Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, Muhammad Sabri.

Tursilowanto menyatakan bahwa sebagai tindaklanjut dari kegiatan penguatan pembinaan ideologi pancasila JPM Provinsi Jawa Timur yang diadakan BPIP, JPM akan melaporkan hasil workshop kepada bupati dan melakukan Identifikasi isu strategis untuk menjadikan masyarakat mengerti Pancasila.

"Kami juga akan menyusun program kerja aktualisasi JPM dalam membumikan nilai kehidupan yang Pancasilais," ujarnya.

Amos Huwae menyebut, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan setelah JPM mengikuti kegiatan JPM. Yaitu, mengenai Isu strategis, radikalisme yang dihadapi dan perlu rencana strategis koordinasi dengan lembaga-lembaga ormas.

"Dunia pendidikan juga menjadikan konsentrasi kami untuk membuat masyarakat melek Pancasila, dan membumikan Pancasila baik di masyarakat , bahkan Internalisasi," kata Amos.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':