Wujudkan Desa Mandiri, KWG bersama AKD Gelar Sarasehan

Wujudkan Desa Mandiri, KWG bersama AKD Gelar Sarasehan Kolase foto antara Ketua AKD, Nurul Yatim, dan Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten berkolaborasi dengan Komunitas Wartawan (KWG)) mengadakan Sarasehan bertajuk 'Sinergitas AKD-KWG Dalam Mewujudkan Desa Mandiri'. Agenda tersebut melibatkan 330 kepala desa di 18 kecamatan se-Kabupaten pada 8 Agustus 2022.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kemitraan, antara AKD dengan wartawan yang tergabung di KWG untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa (pemdes) yang baik, berkemandirian, dan berkemajuan. Hal ini sebagai wujud kerja sama untuk menjadikan Kabupaten semakin maju," kata Ketua KWG, M.Syuhud Almanfaluty, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, wartawan memiliki peran strategis dan penting dalam pembangunan di sebuah pemerintahan, baik di tingkat desa, kabupaten/kota, maupun pusat. Ia berujar, pers sebagai pilar demokrasi keempat, setelah eksekutif (pemerintah), legislatif (DPR/DPRD), dan yudikatif (penegak hukum), punya andil penting untuk turut mewarnai pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah.

"Wartawan melalui produk jurnalistiknya punya peran strategis dalam membantu menyebar luaskan informasi (berita) kepada masyarakat. Baik informasi itu soal program, capaian program, dan keberhasilan pemerintah," ujarnya.

"Sehingga, kebijakan maupun program pemerintah yang telah dicanangkan dan dilakukan, serta keberhasilannya bisa diketahui oleh kalayak masyarakat," ucap wartawan BANGSAONLINE.com dan HARIAN BANGSA ini.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, tertulis bahwa pers memiliki peran dalam memberikan edukasi (pendidikan) kepada masyarakat, memberikan hiburan kepada masyarakat, membantu dalam kepentingan sosial, membantu peningkatan perekonomian untuk terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Juga, memiliki peran sebagai kontrol dalam kebijakan pemerintah.

"Jadi, dalam bidang ekonomi pers juga memiliki peran penting untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian desa dengan cara mengedukasi aparatur desa untuk menggali potensi desa dan mengembangkannya, sehingga berdampak terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes)," urai Syuhud.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':