Sudah 5 Hari, Api di TPA Pakusari Tak Kunjung Padam, Bupati Jember: Asapnya Nggak Terlalu Banyak Kok

Sudah 5 Hari, Api di TPA Pakusari Tak Kunjung Padam, Bupati Jember: Asapnya Nggak Terlalu Banyak Kok Damkar sedang berupaya memadamkan api kebakaran dari tumpukan sampah yang ada di TPA Pakusari, Kabupaten Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sudah lima hari sejak kemunculan api, kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kecamatan Pakusari, Kabupaten , tak kunjung padam. Hingga hari ini (25/8), mobil pemadam kebakaran (damkar) masih tampak hilir mudik. 

Bupati saat dikonfirmasi mengakui memadamkan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kecamatan Pakusari bukan perkara mudah. Menurutnya, dibutuhkan teknologi paling mutakhir untuk mengatasi tersebut.

"Jadi, terus terang harus dimaklumi semua, bahwa itu juga ada gunung, gunung sampah ya. Untuk pemadaman itu memang tidak serta merta bisa habis. Tapi yang jelas untuk keamanan, hubungan dengan rumah penduduk sudah kita potong jalur (api) itu, sudah kita siapkan parit, aman di situ," terangnya.

"Memang airnya itu harus tembus sampai ke bawah (tumpukan sampah). Untuk bisa tembus ke bawah itu tidak sederhana, harus ada teknologi," imbuhnya.

Menurut Hendy, ada alat atau teknologi khusus untuk menangani situasi kebakaran yang ia sebut 'api dalam sekam' tersebut. Namun sayangnya, Pemkab belum memiliki teknologi tersebut.

"Teknologi itu untuk membuat suntikan langsung ke dalam, menyalurkan air. Nggak ada, kita nggak punya. Jadi, kita yang punya, siram atas, mengalir ke bawah. Sedangkan ke bawah, belum tentu itu bisa basah. Dan, kalau ada angin sedikit keluar lagi asapnya. Itu namanya api dalam sekam," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya menegaskan petugas kebakaran (damkar) hingga kini terus siaga dan berupaya memadamkan api bersama warga. "Damkar akan terus standby untuk menyiram," ucapnya.

Selain itu, Hendy juga menjamin keselamatan warga sekitar . Terkait adanya warga yang terdampak asap kebakaran, ia meminta segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Bisa berobat langsung, untuk masyarakat sekitar. Asapnya nggak terlalu banyak kok, dan tidak ke satu arah, karena kan anginnya besar dan itu ruang terbuka. Jadi asapnya tidak begitu banyak seperti yang diperkirakan, tapi kalau ada asap, memang iya," pungkasnya. (yud/bil/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO