May Day, Ribuan Buruh Ziarah ke Makam Marsinah

May Day, Ribuan Buruh Ziarah ke Makam Marsinah May Day, makam Marsinah diserbu puluhan peziarah dari berbagai daerah. (Soewandito/BANGSAONLINE)

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Peringati hari buruh, puluhan buruh dari berbagai serikat pekerja, secara bergelombang berziarah ke makam Pahlawan Buruh Marsinah di Desa Nglundo Kecamatan Sukomoro. Selain berdoa dan tabur bunga, mereka juga menuntut kepada pemerintah untuk menghapus sistem outsourcing. Selain itu, mereka juga menuntut agar nama Marsinah dijadikan nama jalan protokol di Nganjuk.

Serikat pekerja mulai dari federasi pekerja seluruh indonesia (FPSI) / serikat pekerja seluruh indonesia (SPSI) / federasi pekerja Nganjuk (FPN), dan sahabat Marsinah, silih berganti mendatangi makam Marsinah. Kedatangan pekerja dari berbagai daerah di Jawa Timur tersebut untuk berziarah di makam pahlawan buruh yang dibunuh dan mayatnya dibuang di hutan Wilangan.

Baca Juga: Peringati May Day 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan Buruh

Mereka juga berorasi menuntut agar sistem outsourcing yang banyak berlaku di perusahaan di Indonesia segera dihapuskan, karena tidak memberi keuntungan kepada buruh dan hanya mementingkan kepentingan pemilik perusahaan.

Suryanto, ketua SPSI Nganjuk menerangkan bahwa serikat buruh menolak dengan adanya peraturan karyawan outsourcing. “Selain itu untuk mengenang jasa Pahlawan Buruh Marsinah, kami juga menginginkan agar nama marsinah dijadikan nama salah satu jalan protokol di nganjuk”, pungkas Ketua SPSI Nganjuk. 

Marsinah merupakan salah satu buruh dari PT Catur Putra Surya Sidoarjo. Ia dan kawan-kawannya getol menyuarakan nasib buruh setelah keluarnya surat edaran dari Gubernur Jawa Timur terkait kesejahteraan buruh pada tahun 1993. Marsinah lenyap selama tiga hari dan ditemukan tewas dalam keadaan tubuh penuh luka di Desa Jegong Kecamatan Wilangan di wilayah Nganjuk. Hingga 22 tahun berlalu pelaku dan otak pembunuhan marsinah belum juga ditemukan. (dit/rvl)

Baca Juga: Peringati Mojokerto Mods May Day, Pj Wali Kota Mojokerto Kampanye Safety Riding Bareng Vespa Mania

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO