Suksesnya Program Bedah Rumah di Pasuruan Butuh Dukungan Masyarakat

Suksesnya Program Bedah Rumah di Pasuruan Butuh Dukungan Masyarakat Bedah RTLH di Dusun Jembrung I, Desa Bulusari, yang sedang dalam proses pengerjaan.

PASURUAN, BANGAONLINE.com - Banyaknya warga miskin di Kabupaten Pasuruan yang belum memiliki sarana tempat tinggal yang layak dan sehat menjadi perhatian . Upaya untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni dilakukan melalui program bedah RTLH yang setiap tahun digulirkan.

Skema bedah rumah bagi warga miskin itu menggunakan stimulus. melalui dinas perkim memberikan bantuan Rp15 juta kepada warga miskin yang lolos verifikasi. Perinciannya, Rp12 juta untuk material, sedangkan sisanya Rp3 juta untuk upah pekerja.

Selain syarat administratif, ada sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi penerima bantuan bedah RTLH. "Antara lain, ada kesanggupan dari masyarakat ataupun desa yang warganya mendapat bantuan. Mereka ikut berperan aktif secara gotong royong," jelas Ach Jauhari, salah satu pendamping program bedah RTLH wilayah Gempol pada BANGSAONLINE.com.

Kata Jauhari, dukungan dari masyarakat itu sangat diperlukan. Sebab, anggaran yang diberikan memang tidak mungkin dipergunakan untuk membangun rumah yang layak. Karena itu, diperlukan dukungan dari masyarakat setempat untuk ikut berperan aktif melalui swadaya dan gotong rotong.

Simak berita selengkapnya ...