72 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Pamekasan Turun Salurkan Bantuan untuk Masyarakat

72 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Pamekasan Turun Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat menyalurkan bantuan air bersih di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , Baddrut Tamam, memberikan bantuan air bersih melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kepada masyarakat di Dusun Kotalon, Desa Jerin, Kecamatan Pademawu, Sabtu (24/09/2022)

Kegiatan ini bertajuk 'Besti Berdering' atau akronim dari Bersama Bupati Bereskan Desa Kering Tahun 2022. Sebagai bentuk kepedulian atas krisis air bersih ini, bupati turun langsung dalam menyalurkan air di sana dan didampingi para Forkopimda serta Camat Pademawu, Ach. Farid, dan Kepala Desa Jarin, Zuhri.

"Setiap tahun, Pemkab memberi bantuan air bersih, dari 82 desa pada 2018 sekarang menurun menjadi 72 desa yang terdampak kekeringan. Artinya sudah ada 10 desa yang lepas dari krisis air di musim kemarau seperti saat ini," kata Tamam.

"Solusi mengatasi krisis air di Desa Jarin, menurut kepala desa membutuhkan tandon di setiap dusun dan penyaluran air PDAM. Kalau memang memungkinkan kita bisa melaksanakan itu, namun masih kita follow up dalam diskusi yang lebih intensif lagi," imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa tugas berat pemerintah saat ini selain sumber daya dan infrastruktur, juga air. Sebab, hal tersebut menjadi kebutuhan utama dari masyarakat, terutama desa yang masih mengalami krisis air bersih.

"Tapi intinya pemkab akan melakukan langkah strategis untuk menanggulangi kekeringan di desa yang masih mengalami krisis air bersih," pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':