Kapolri Rilis 6 Tersangka Kasus Tragedi Kanjuruhan, Ada Direktur PT LIB Hingga Pejabat Polres Malang

Kapolri Rilis 6 Tersangka Kasus Tragedi Kanjuruhan, Ada Direktur PT LIB Hingga Pejabat Polres Malang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin rilis pers kasus tragedi Kanjuruhan di Mapolresta Malang Kota, Kamis (6/10/2022).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Aula Sanikasatyawada Polresta Malang Kota, Jenderal merilis 6 tersangka kasus tragedi Kanjuruhan, Kamis (6/10/2022) hari ini.

"Kami menetapkan keenam tersangka, yaitu, AHL Direktur , AH ketua panitia penyelenggara dari pertandingan di Stadion Kanjuruhan, SS security office Wahyu, SS Kabag Ops , H Brimob Polda Jatim, dan TSA Kasatsamapta ," terang Sigit di hadapan para wartawan.

Menurutnya, penetapan 6 tersangka setelah polisi melakukan penyelidikan secara maraton selama 5 hari pasca tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam. Hal ini sesuai perintah Presiden Jokowi untuk mempercepat penyelesaian kasus tragedi Kanjuruhan.

Hasil penyelidikan, lanjut Sigit, bahwa anggota menggunakan kegiatan pengamanan karena semakin banyaknya suporter yang masuk ke dalam lapanagan. Terkait banyaknya korban, ia mengatakan disebabkan pintu stadiono yang tertutup atau tidak dibuka 100 persen.

"Tim menemukan pintu yang dibuka hanya setengah meter dan ini harus dibuka 100 persen 5 menit sebelum pertandingan usai, sesuai regulasi PSSI pasal 21. Sedangkan kronologi yang ditemukan, penjaga pintu tidak berada di tempat untuk membukanya," jelasnya.

Para tersangka disangkakan dengan Pasal 359 KUHP dan Pasal 360 junto Pasal 103 juncto pasal 52 UU RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan.

"Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain," tambah .

Setelah peristiwa maut itu, menyampaikan pihaknya akan merancang peraturan terkait pelaksaan pertandingan serta keamanan di lapangan demi menjadikan persepakbolaan Indonesia semakin maju dan aman. (win/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penemuan Bayi Laki-Laki di Malang, Ada Bekas Luka Cekikan pada Leher':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO